Menpar Bagi Hadiah di Banyuwangi Dalam Workshop Kepariwisataan

0
178
Menpar yang bagi hadiah di Banyuwangi dalam acara workshop Kepariwisataan. (foto: images.detik.com)

Menteri Pariwisata Arief Yahya, bagi-bagi hadiah di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi.  Konsepnya hampir sama dengan Presiden Jokowi, bagi yang bisa menjawab pertanyaan Menpar, dialah yang berhak mendapatkan hadiah uang nominal Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu. Iya, memang bukan sepeda, melainkan uang.

Hal ini dilontarkan Menpar kepada para pemilik Homestay Di Desa Kemiren, dalam acara Peningkatan Kapasitas Usaha Masyarakat Destinasi Pariwisata.

Menpar kemudian mengajukan pertanyaan tentang Sapta Pesona. “Sebutkan 5 dari Sapta Pesona Indonesia. Hayo siapa yang bisa jawab nanti saya kasih Rp 100 ribu,” tanya Arief yang langsung membuat riuh pemilik Homestay Kemiren.

“Kebersihan, Keindahan, Keamanan, Kenangan dan Ketertiban,” ujar salah satu pemilik Homestay yang langsung mendapatkan uang dari Menpar Arief Yahya.

“Ayo siapa lagi. Sebutkan kebersihan yang mendasar di rumah dan homestay?” tanya Menpar.

Beberapa pemilik homestay langsung berebut. “Pak saya pak. Toilet pak harus bersih,” ujar salah satu pemilik homestay yang langsung mendapatkan uang Rp 200 ribu dari Menpar.

Selain bagi-bagi duit, Menpar Arief juga membagikan bantuan dari Kementerian Pariwisata RI, kepada 55 pemilik homestay di Desa Kemiren, yang diterima simbolis oleh Kepala Desa Kemiren. Bantuan tersebut berupa perlengkapan kebersihan dan furniture kamar seperti lemari pakaian, keranjang sampah, sprei, tong sampah besar dan 6 kloset jongkok. Selain itu juga diserahkan bantuan lima set handy talkie.

“Ini janji saya untuk membantu pengembangan homestay di Banyuwangi. Bantuan ini sebagai stimulus bagi para pemilik homestay di Banyuwangi agar terus meningkatkan pelayanan bagi wisatawan,” kata Menpar.

Seperti diketahui, Menpar memang sedang aktif mensosialisasikan workshop bertema Peningkatan Kapasitas Usaha Masyarakat Destinasi Pariwisata. Ini karena menurut pontianakpost.co.id, Keterlibatan masyarakat menjadi salah satu faktor pendukung kemajuan pariwisata daerah, caranya mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif membangun destinasi pariwisata yang berdaya saing serta menciptakan kondisi kondusif bagi wisatawan.

Harapannya,  dengan pelatihan ini masyarakat di destinasi wisata bisa berperan aktif menyiapkan homestay yang lebih nyaman ditempati wisatawan.

 

sumber lain: detik.com

LEAVE A REPLY