Menelusuri Pulau Tikus dan Benteng Kura-Kura di Bengkulu

0
390
Pulau Tikus yang memiliki pemandangan luar biasa indah meski hanya berluas 2 hektar. (foto: Wisata Nusantara)

Pulau Tikus dan Benteng Kura-Kura merupakan salah satu obyek wisata andalan Bengkulu yang banyak dikunjungi wisatawan. Dari Bengkulu, Anda perlu waktu sekitar 1 jam menuju Pulau Tikus dengan menggunakan kapal boat. Wisata lautnya luar biasa. Pulau ini terdiri dari satu pulau induk dan beberapa pulau-pulau kecil lainnya yang mengitari, lengkap dengan karang-karang yang indah.

Luas Pulau Tikus yang memang hanya kira-kira 2 hektar ini, mampu menjanjikan pemandangan yang memesona dengan air yang bersih dan terumbu karang yang nampak menghiasi keindahan dengan berbagai bentuknya. Anda bisa memancing, snorkeling, atau berjalan menikmati suasana Pulau Tikus.

Jika Beruntung, menurut wisatanusantarah.blogspot.co.id, Anda bisa menyaksikan penyu hijau dan penyu sisik yang sedang bertelur pada malam hari. Di sini, ada sebuah mercusuar yang masih berfungsi. Pulau ini menjadi tempat berlabuh sementara bagi kapal-kapal saat ada gelombang besar.

Benteng Kura-Kura atau Benteng Marlborough peninggalan sejarah bagi Bengkulu. (foto: www.pegipegi.com)

Benteng Kura-Kura atau disebut Bentang Marlborough menurut wikipedia, dibangun oleh perusahaan india timur di bawah kepemimpinan Gubernur Joseph Callet. The fort constitutes the strong fort, Benteng Marlborough berdiri menghadap selatan dan memiliki luas 44,100 meter persegi. Benteng ini mempunyai bentuk bangunan abad 18, menyerupai kura-kura. Pintu utamanya dikelilingi parit yang luas dan dapat dilalui oleh jembatan. Menurut masyarakat sekitar di benteng itu juga terdapat pintu keluar bawah tanah yang dulu digunakan pada waktu perang.

Menurut www.yurmawita.com, Benteng Kura-Kura dibangun di atas tanah yang cukup tinggi dari lainnya. Proses pembangunannya sendiri memakan waktu yang cukup lama yakni dari 1714 -1717 M. Untuk meninggikan tanah, dibuatlah kanal-kanal yang berfungsi agar mempersulit akses masuk ke Benteng.

Saat ini daerah sekeliling Benteng Marlborough sudah dipenuhi sesak perumahan penduduk. Dahulu, perumahan penduduk tersebut merupakan perairan seperti danau, hal ini untuk memudahkan para serdadu Inggris menaiki kapal setelah keluar dari Benteng.

Benteng Kura-Kura yang masih terjaga keberadaannya. (foto: mardianingsih5.blogspot.co.id)

Bangunan Benteng Menyerupai Kura-kura dengan 4 kaki yang disebu Bastion. Keempat kaki tersebut merupakan tempat strategis pertahanan berdasarkan 4 arah mata angin yaitu Utara, Timur, Barat, Selatan. Bentuk kaki menyerupai segi lima, bentuk geometri tersebut memungkinkan untuk melakukan penyerangan secara tiba-tiba kepada musuh tanpa harus diketahui. Masing-masing kaki dilengkapi dengan meriam besi sebagai pertahanan utama benteng.

Di Benteng Kura-Kura ini terdapat juga ruang tahanan, kantor pemerintahan Inggris, meriam, ruang perlindungan, gudang senjata dan terowongan dengan ukuran 6 x 2 meter. Selain berfungsi sebagai tempat pertahanan, Benteng Kura-Kura ini juga digunakan sebagai tempat penyimpanan rempah-rempah.

Untuk ke Benteng Kura-Kura, dengan bus, Anda bisa naik bus jurusan Terminal Bengkulu – Alun-alun Bengkulu kemudian turun di depan tempat wisata ini. Nah, cukup menarik untuk dikunjungi bukan?

LEAVE A REPLY