Menelisik Jamu Jago Keliling di Kota Lama Semarang

0
524
Mobil Jamu Jago keliling yang terlihat klasik karena mobil era tahun 1970an (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Mobil Jamu Jago Keliling yang mempergunakan toyota kijang tahun 1968 warna hijau putih, masih terihat di salah satu sudut Kota Lama Semarang. Mobil toyota kijang tahun 1968 memang pernah berjaya menjadi mobil Jamu Jago keliling di era-era tahun 1970an. Menariknya, mobil ini masih dipergunakan untuk menyajikan Jamu jago kelilingnya.

Setiap hari, mobil ini senantiasa mangkal di seputar Jalan Tawang, di seputar dekat Jembatan Mberok Kota Lama Semarang. Biasanya, mobil Jamu Jago ini mulai stand by pada pukul 18.00 hingga tengah malam. Walaupun tak seramai dulu di era tahun 1970an, namun hingga saat ini masih saja ada para pelanggan yang mampir untuk minum jamu, khususnya untuk pegal linu dan masuk angin.

Jamu Jago Riwayatmu Kini

Produk Jamu Jago memang terbilang banyak, kurang lebih ada 138 produk jamu, dari jamu anak-anak hingga jamu orang dewasa. Dari jamu pegal linu hingga jamu Purwoceng yang memang dipergunakan untuk menambah gairah hubungan suami isteri. Jamu Jago sendiri memang sudah lama dan bahkan menjadi pelopor bisnis jamu di Semarang.

Produk Jamu Jago yang masih dipasarkan hingga kini di jamu keliling (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Jamu ini sudah didirikan sejak tahun 1918 dan sampai sekarang merupakan salah satu perusahaan jamu terkenal di Indonesia. Walaupun kabarnya, perusahaan jamu tradisional ini sudah dibeli oleh Sido Muncul, namun geliatnya masih tampak di beberapa kedai sudut kota.

Masih Memasarkan Produk Jamu Jago Keliling

Travel Today Indonesia mampir di salah satu keunikan Mobil Jamu Jago Keliling yang sekarang masih saja ada. Mobil toyota kijang ini memang sudah tak pernah digunakan lagi, namun uniknya, masih ada orang yang mempergunakkannya berkeliling di Kota Lama Semarang. Mangkalnya yang berada di Kota Lama Semarang, membuatnya menjadi salah satu sudut keunikan tempo dulu Semarang.

Orang kadang banyak yang bernostalgia dengan jalan malam mencicipi jamunya, sekaligus menikmati suasana Kota Lama yang membuatnya semakin klasik. Apalagi, ada tumpukan produk Jamu Jago yang terasa sekarang sudah terlihat usang dari desakan produk-produk lain jamu yang semakin bersaing.

Lapaknya Jamu Jago keliling, di dekat kawasan Mberok Semarang (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Sudut mangkalnya yang berdekatan di dekat kawasan Mberok Semarang, membuatnya mobil toyota kijang tahun 1968 ini semakin terlihat klasik memberikan suasana malam temaram di Kota Lama. Mobil Jamu kelilingnya seakan menjadi saksi ikon kota yang makin tua dan bermetamorfosis menjadi metropolitan.

LEAVE A REPLY