Mencicipi Enaknya Kue Spiku Kenari Surabaya

0
579
Kue Spiku Kenari memang menjadi oleh-oleh khas Surabaya yang sedang nge-tren. (foto: Purwono Nugroho Adhi)

Kue Spiku Kenari memang menjadi oleh-oleh khas Surabaya yang sedang ngetren. Jika Anda ingin menikmati, carilah Kue Spiku dari Santi’s Cake.

Dalam laman gedeinperut.com, Spiku Kenari buatan Santi’s Cake memang sudah terkenal sejak tahun 1999. Gerainya pun tidak hanya ada di Surabaya melainkan juga di Bali.

Selain menjual Kue Spiku Kenari, gerai Santi’s Cake juga menyajikan berbagai oleh-oleh yang terkenal mempergunakan bahan-bahan alami dari resep tradisional yang berkualitas.

Kue Spiku Kenari,  memang khas dengan taburan kenarinya yang renyah dan gurih. Teksturnya pun begitu lembut, terasa mempergunakan gandum pilihan.

Adonan kuenya memang seperti kue Mandarin, namun memang berbeda pada rasa pengolahannya. Rasa gurih dan nikmatnya yang manis membuat Anda ketagihan.

Kue Spiku Kenari, khas dengan taburan kenari yang renyah dan gurih. (foto: Purwono Nugroho Adhi)

Spiku Kenari dari Santi’s Cake memang memanjakan lidah Anda, karena kue dipanggang begitu sempurna, sehingga warna bagian kulitnya semu kecoklatan dan pada bagian atasnya akan terasa nikmat dengan taburan kenari kupas yang crispy saat dikunyah.

Taburan Kenarinya pun cukup banyak, sehingga orang tak segan untuk membawanya sebagai oleh-oleh.

Dalam ulasan laman bacaterus.com, konon sejarahnya, kue spiku sudah ada sejak masa penjajah Belanda. Pada mulanya, kue spiku hanya dikonsumsi oleh orang Belanda. Namun setelah kemerdekaan hingga sampai sekarang, kue spiku sudah terkenal secara umum di kalangan masyarakat Indonesia. Nama “spiku” berasal dari kata “spekkoek” (bahasa Belanda) yang berarti kue lapis legit. Memang sekilas tampilan kue spiku mirip dengan kue lapis, tetapi sebenarnya dari rasa cukup berbeda.

Kue spiku biasanya dibuat dengan berbagai kombinasi warna. Variasi kue spiku pun sekarang semakin banyak, seperti halnya spiku kenari, spiku kukus, hingga spiku gulung.

Pada awalnya kue ini lebih banyak menggunakan bahan-bahan Eropa. Namun sekarang ini, dengan kemajuan cara pengolahan, kue spiku dikombinasi dengan rempah dan berbagai adonan bahan-bahan lokal.

Maka, mencicipi Kue Spiku Kenari Santi’s Cake, Anda akan merasaan aroma dan adonan jahe serta daun pandan yang membuat kue spiku semakin cocok dengan lidah Indonesia.

 

 

LEAVE A REPLY