Menariknya Belanja di Pasar Kaget Tengah Hutan Wamena

0
854
Pasar kaget tengah Hutan Wamena. (foto: miner8.com)

Ada berbagai pasar tradisional di Indonesia yang kaya, unik dan beragam. Dari berbagai keunikan dan menariknya pasar tradisional itu, salah satu yang menarik adalah pasar kaget di tengah hutan Wamena. Dalam laman forum.liputan6 dan laman hipwee.com, pasar kaget ini terbilang unik, karena sebagian besar pedagangnya adalah Suku Dani, yang tetap berjualan dengan mempergunakan pakaian tradisional mereka. Bahkan, yang diperdagangkan juga sangat unik dan menarik, yaitu barang-barang tradisional tanah Papua, dari koteka, tombak, kalung, tas dan berbagai hiasan.

Harga yang dipasarkan pun, terbilang bervariasi, namun Anda harus siap untuk merogoh kocek senilai 300 ribu hingga 500 ribuan. Tentu, Anda tidak akan kecewa karena barangnya tentu barang asli yang datang dari asalnya sendiri. Apalagi, pasar ini di seputar hutan Wamena. Dalam laman beritahati.com, barang yang dikenal paling mahal dibelanjakkan adalah hiasan kepala dari bulu burung Kasuari.

Transaksi di pasar kaget tengah hutan Wamena. (foto: sgimage.detik.net.id)

Dalam penyajian dagangan, kebanyakan yang perempuan menjual kalung dan asesoris khas Papua, namun yang laki-laki menjual tombak, panah dan kapak batu. Disamping barang asesoris kepala ada juga yang begitu unik, yaitu kalung dari gigi taring babi hutan.

Pasar kaget di Wamena ini memang terbilang unik cara penyajiannya. Pasar memang disebut pasar “kaget” karena pasar muncul dengan begitu cepat, dan juga bubar dengan singkat pula. Layaknya pasar kaget di beberapa daerah umum, para pedagang dari suku Dani, langsung menggelar lapaknya, menata dengan sedemikian rupa di rerumputan di seputar hutan Wamena.

Barang-barang tradisional tanah Papua, dari koteka, tombak, kalung, tas dan berbagai hiasan menjadi yang diperdagangkan. (foto: images.detik.com)

Tentu Anda tidak perlu kuatir, gangguan dari polisi pamong praja yang biasa mengejar-kejar para pedangan pasar kaget di pinggir jalan. Hal itu dikarenakan, pasar berada di lahan hutan dan rerumputan yang bebas hambatan, bebas dari keramaian jalan raya. Maka, tenanglah dalam tawar menawar, karena pasar kaget ini menjajakan sesuatu yang unik dari pengrajinnya langsung dari kedalaman hutan bumi Papua yang eksotis.

LEAVE A REPLY