Mau Menjelajahi Telaga Warna di Bogor? Jangan Bawa Benda Ini!

0
144
Telaga Warna di Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat. (Antara Foto)

Traveler, jika Anda ingin berkunjung ke Telaga Warna di Puncak, Bogor, Jawa Barat baiknya memperhatikan ini. Jangan pernah membawa kantong plastik. Alasannya, bawaan Anda itu akan menjadi incaran binatang khususnya monyet ekor panjang (macaca fascicularis) yang mendiami kawasan itu.

Monyet-monyet yang ada di dalam kawasan itu tidak menyerang. Namun, jika ada pengunjung yang membawa kantong plastik tentu akan mengundang mereka datang. Sebab, binatang itu tahu bahwa di dalam kantong itu ada makanan.

Jangan nyampah!

Di sini juga enggak boleh nyampah: Mampir dan Lihat Keindahan Tersembunyi Leuwi Liyet Bogor

Ada alasan lain mengapa tidak disarankan membawa kantong plastik ke Telaga Warna. Ini juga perlu dicatat dan diperhatikan. Membawa kantong plastik ke dalam kawasan akan berpotensi menambah jumlah sampah plastik yang sudah menumpuk di sana.

Tetapi, jika terpaksa membawanya, pengunjung wajib membawa pulang sampah kantong plastik. Traveler paham ‘kan, sampah plastik lebih lama terurai sehingga mengancam kelestarian flora dan fauna yang hidup di dalamnya.

Kawasan konservasi

Salah satu pemandangan di Kawasan Telaga Warna. (Foto: kesiniaja.com)

Telaga Warna merupakan kawasan konservasi yang berfungsi juga sebagai daerah resapan air hulu di Puncak. Selain monyet ekor panjang, kawasan hijau ini juga dihuni oleh kawanan lutung. Monyet dan lutung berhabitat di dalam kawasan yang dikelilingi hutan alam yang ditumbuhi tanaman endemis seperti puspa, rasamala, kibangkong, dan saninten.

Telaga Warna yang tak benar-benar berwarna ini berada di kawasan wisata seluas 5 hektare. Khusus telaga, luasnya mencapai 3/4 hektare.

Tiket masuk

Di Bogor juga ada ini lho: Keindahan Curug Bidadari Bogor

Telaga Warna buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB.

Jika traveler mengunjungi objek wisata ini di hari kerja, pengunjung domestik dikenai tiket masuk Rp5000. Sedangkan di akhir pekan Rp7500. Untuk turis luar negeri, tiket masuknya di hari kerja seharga Rp100 ribu, dan di akhir pekan Rp150 ribu. Waduh! Kok beda harganya jauh ya?

LEAVE A REPLY