Masjid Banten Lama, Salah Satu Tempat Ziarah yang Wajib Dikunjungi

0
578
Masjid Banten Lama. (Wikipedia)

Pengunjung Masjid Banten Lama di Kota Serang, Banten biasanya melonjak menjelang Ramadan. Selain berkunjung, umat Muslim juga datang untuk berziarah ke makam Sultan Maulana Hasanudin.

Para peziarah yang memadati kawasan Banten Lama datang dari berbagai tempat. Tidak hanya dari pelosok wilayah Provinsi Banten, ada juga dari berbagai provinsi lainnya di Pulau Jawa dan Sumatera.

Bahkan, lokasi parkir kendaraan bus maupun kendaraan pribadi mengantre hingga menimbulkan kemacetan menjadi pemandangan yang tak terelakkan.

Ada Situs Purbakala, Lho!

Jangan lewatkan: Wah, Situs Kota Kuno Banten Ini Tak Jauh Dari Jakarta!

Selain berziarah ke makam Sultan Hasanudin, para pengunjung juga bisa mendatangi museum situs purbakala pada abad 16 sebagai peninggalan sejarah Sultan Maulana Hasanudin.

Terdapat banyak koleksi yang bisa disaksikan di museum sebagai bukti sejarah di tempat itu. Di antaranya beragam jenis senjata yang digunakan masyarakat Banten, gerabah, keramik, dan juga koin mata uang kuno.

Naikilah Menara itu!

A post shared by KotaSerang.Com (@kotaserang) on

Ada juga sensasi lain yang ingin dirasakan peziarah. Mereka biasanya ingin naik ke menara Masjid Agung Banten Lama dengan ketinggian sekitar 24 meter.

Ada tujuan lain dari kedatangan peziarah Masjid Banten Lama ke makam Sultan Hasanudin, yaitu untuk mengenang perjuangan Islam di tanah Jawa. Sultan Hasanudin dikenal sebagai penyebar agama Islam di Banten hingga ke Lampung.

Bagaimana menuju ke sana?

Perlu dibaca: Antara Anyer dan Pattaya

Masjid Banten Lama atau yang juga dikenal sebagai Masjid Agung Banten terletak di Desa Banten Lama, tepatnya di desa Banten. Posisinya berada sekitar 10 km sebelah utara Kota Serang.

Untuk menuju ke sana traveler dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Petunjuknya, dari Terminal Pakupatan, Serang naiklah bus jurusan Banten Lama. Jika ada dana lebih, traveler bisa menyewa mobil angkutan kota menuju lokasi yang lama perjalanannya sekitar 30 menit.

LEAVE A REPLY