Martabak Capitol, Legenda Martabak Asli Bandung

0
814
Kedainya yang di buka di daerah Pusat Kuliner Sudirman Street (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Martabak Capitol yang terletak di Jalan Jend. Sudirman No.101, Karanganyar, Astanaanyar, Bandung merupakan salah satu sajian kuliner martabak yang sangat legendaris. Konon kabarnya, nama “Capitol” diambil dari nama sebuah gedung bioskop yang waktu itu terkenal di Bandung.

Awalnya, memang martabak ini membuka lapak gerainya sejak tahun 1977 di area dekat gedung bioskop tersebut. Entah mengapa, Martabak Capitol pernah juga berganti nama dengan Martabak Intisari, namun sekarang tetap menggunakan kembali nama “Capitol.” Travel Today Indonesia menyambangi dan mencoba untuk mencicipi legenda martabak yang satu ini.

Berbagai daftar menu yang beragam dan aneka rasa (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Martabak Capitol menyajikan berbagai macam sajian martabak dari manis hingga asin. Sajian martabak manisnya sangat beragam, yaitu dari keju, coklat, kacang, straberi, pandan, pisang hingga campuran. Begitu juga, sajian martabak asinnya, yaitu dari daging sapi, tirisan corned, tirisan tuna, dan hingga olahan ayam.

Bertahan Hingga Kini

Martabak ini membuka gerainya sejak pukul 14.00 hingga pukul 24.00. Walaupun masih berdiri dan terus menyajikan keaslian martabak Bandung yang terkenal itu, namun sekarang sudah ada banyak pesaingnya yang juga menyajikan dengan aneka rasa dari pandan,keju,coklat kacang, pisang, jagung, dan lain sebagainya.

Martabak Capitol walaupun sudah lama, hingga kini masih tetap menjadi ampiran bagi orang-orang Bandung dan pendatang, walaupun sudah ada banyak sekali bertebaran pesaing Martabak Bandung lainnya. Letaknya yang berdekatan dengan Pusat Kuliner Sudirman Street, membuatnya masih bertahan hingga kini.

Salah seorang yang menyajikan tirisan dan adonan aneka rasa, dari coklat, kacang, keju, pandan dan lain sebagainya (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Sekarang pun di Bandung ada banyak bertebaran martabak dari Martabak Asan, Andir, Canada hingga Liana yang terkenal dengan martabak bolunya. Maka, jika Anda ke Bandung, cobalah jelajahi kuliner martabak manisnya ini. Cicipilah Martabak Capitol yang sudah melegenda yang katanya berasal dari resep Hok Lo Pan khas Bangka Belitung.

 

LEAVE A REPLY