Mari Sambangi Desa Sianjur Mulamula, Tempat Awal Mula Suku Batakkah?

0
38
Pemandangan Desa Sianjur Mulamula dengan Pusuk Buhitnya. (Foto: sangpenikmatalamsumut.blogspot.co.id)

Traveler, tempat awal mula Suku Batak ternyata ada di Pusuk Buhit, sebelah barat Danau Toba, tepatnya Desa Sianjur Mulamula. Pusuk Buhit terkenal dengan cerita urbannya. Maka alangkah menariknya bisa sambangi destinasi ini.

Lagu ‘Desaku’ yang dikenal dari masa ke masa menguatkan arti keberadaan sebuah kampung halaman di era milenial ini. Maka, kerinduan itu terjawab dengan banyaknya desa wisata yang hadir dan digemari wisatawan demi ikut merasakan kehidupan desa yang damai.

Tak heran kini mulai banyak daerah di Indonesia yang memiliki desa wisata. Salah satu yang terkenal di Sumatera Utara ya, Desa Sianjur Mulamula.

Masih Kontroversi

Ya, masyarakat suku Batak percaya jika awal mula keberadaan mereka di mulai dari desa tersebut. Maka tak heran bila masyarakat di sana masih menjaga dan meningkatkan kelestarian budaya yang ada.

Bagaimana rasanya memiliki kampung halaman dengan pemandangan menakjubkan ini? (Foto: imanueltarigantambak.blogspot.co.id)

Namun ini masih menjadi kontroversi hingga sekarang. Bagaimana tidak, dilansir dari Ayo Berubah, hasil penelitian balai arkeologis Medan di desa Sianjur Mulamula, Ketut Wiradyana, seorang arkeolog yang bekerja di Balai Arkeologi Medan mengungkapkan bahwa usia orang Batak di Sianjur Mula-Mula masih berumur kira-kira lima ratus tahun.

Ini berarti tanah yang berada di Sianjur Mulamula itu masih sangat muda. Karena saat ini marga-marga pada orang Batak telah mencapai pada generasi yang ke delapan belas hingga dua puluh delapan dari marga induknya.

Hal ini justru diperkuat oleh pernyataan Idris Pasaribu-Budayawan asal Medan yang mengatakan bahwa di Barus ditemukan sebuah batu yang diperkirakan ditulis pada tahun dua sebelum masehi yang bertuliskan “Dison do hita mian”, kurang lebih berarti ”Disinilah kita bertempat tinggal”. Jadi, bukan tidak mungkin Barus menjadi daerah tumbuh berkembangnya orang Batak bukan?

Desa ini dikelilingi bukit-bukit yang indah, hamparan sawah yang teratur. Menurut Joeyz14, desa wisata ini bentuknya ibarat kuali, sebab terdapat lembah yang dikelilingi pegunungan dan perbukitan. Udaranya dingin!

Banyak Traveler Suka: Bakkara, Surga Tersembunyi Danau Toba

Obyek Wisata

Desa wisata ini dikelilingi bukit-bukit yang indah, hamparan sawah yang teratur. Menurut Joeyz14, desa wisata ini bentuknya ibarat kuali, sebab terdapat lembah yang dikelilingi pegunungan dan perbukitan. Udaranya dingin!

Sumber mata air dengan 7 rasa berbeda. (Foto: kopisiantar.com)

Tempat  ini memiliki keajaiban alam. Tidak jauh dari desa tersebut terdapat 1 mata air yang memiliki 7 rasa, Aek Sipitu Dai yang artinya Air 7 rasa.

Jadi terdapat  7 air pancur yang punya 7 rasa dari satu sumber mata air yang sama. Ajaib karena berasal dari satu sumber mata air, tapi menghasilkan 7 rasa air yang berbeda.

Memang harus jeli, karena rasanya agak susah di bedakan. Ada yang asam, ada yang agak kecut, ada yang mirip soda, dan lain-lain.

Menurut warga setempat, harus ada jeda waktu ketika mencecap airnya. Airnya bisa langsung diminum lho. Tempat ini juga sering dikunjungi wistawan lokal maupun mancanegara.

Di sana jug ada Sopo Guru Tatea Bulan atau Monumen Patung si Raja Batak.

Pelajari SejarahnyaMuseum Pusaka Batak Toba Diresmikan di Hari Museum Nasional 2017

LEAVE A REPLY