Makam Abah Guru Sekumpul Martapura, Dibanjiri Peziarah

0
1191
Foto: akmrentalbanjarmasin.wordpress.com

Traveler, Makam Abah Guru Sekumpul Martapura, Ulama yang junjung toleransi ini, begitu dibanjiri peziarah. Makam ulama yang menjadi panutan masyarakat di Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, ramai dikunjungi peziarah yang datang dari daerah sekitarnya maupun luar kota.

Makam Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari, atau akrab disapa Guru Sekumpul Martapura, juga pernah diziarahi Presiden Joko Widodo.

Saat itu Presiden datang berziarah ke makam Abah Guru Sekumpul tersebut dalam rangka  peringatan hari wafat atau haul Guru Sekumpul pada Maret 2018 lalu.

Foto: id.vltrends.com

Berjarak sekitar lima kilometer dari pusat Kota Martapura, ibu kota Kabupaten Banjar. Lokasi makam ulama yang berada di dalam komplek musala Ar Raudhah itu terletak di Kelurahan Sekumpul.

Makam Ulama Kharismatik

Seperti dilansir Infonawacita, salah seorang peziarah Roni mengaku dirinya setiap tahun mengunjungi makam ulama kharismatik yang namanya amat masyur seantero nusantara hingga luar negeri diantaranya Malaysia.

“Kami bersama keluarga selalu datang untuk berziarah setiap hari raya Idul Fitri setelah sebelumnya ziarah ke makam orang tua. Peziarah lainnya juga banyak yang datang,” ujarnya.

Masyarakat Banjar memang sangat kental dengan nuansa religius. Apalagi daerah ini juga dikenal sebagai daerah yang melahirkan banyak ulama besar hingga dikenal baik di nusantara maupun luar negeri.

Foto: putramartapura.blogspot.com

Laksana Sebuah Kewajiban

Menurut dia, ziarah ke makam ulama bagi sebagian besar masyarakat Banjar merupakan tradisi yang melekat bahkan laksana sebuah “kewajiban” baik setiap hari besar maupun hari-hari lainnya.

“Setiap peringatan hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha termasuk hari lain seperti Jumat, bisa dipastikan makam-makam ulama dipenuhi peziarah yang mengirimkan doa-doa,” ungkapnya.

Memang, peziarah dapat mempelajari teladan sang Guru Sekumpul lewat jejak kehidupannya yang luar biasa. Kedamaian bakal melingkupi diri di tempat peziarahan ini.

LEAVE A REPLY