Lore Lindu, Keunikan Eksotisme Wisata Megalitikum Sulawesi

0
482
Kekayaan megalitikum yang terbilang menarik dan luar biasa (Foto Plesir! - Spektakel.id)

Lore Lindu merupakan cagar budaya berjenis Taman Nasional yang telah terdaftar sebagai kekayaan biosfer dunia. Lore Lindu terletak di daerah Sulawesi Tengah berdekatan dengan Danau Poso. Taman Nasional ini bahkan menyimpan kekayaan megalitikum yang luar biasa menarik. Dikatakan dalam laman indotimnet.wordpress.com  bahwa Kawasan Taman Nasional ini sudah ditetapkan sejak Tahun 1993 sebagai Taman Suaka Alam.

Kawasannya meliputi Lore Kalamata, Hutan Lindung dan Taman Rekreasi Danau Lindu. Kawasan ini pun dikatakan sebagai daerah peralihan antara Zona Asia dan Zona Australia yang sering disebut Garis Wallace (Wallace Line).  Dalam laman regional.liputan6.com dikatakan bahwa Lore Lindu menjadi situs megalitikum yang diperhitungan di Indonesia, bahkan juga dunia. Hal itu dikarenakan adanya peninggalan kebudayaan zaman megalitik tertua di mana telah ditemukan antara 67 hingga 83 situs.

Situs megalitikumnya tersebar hingga mencapai 200 hektare (Foto Vacation Indonesia Tours)

Peninggalan zaman megalitikumnya pun diperkirakan tersebar luas lebih dari 200 ribu hektare, dari  Kabupaten Poso hingga Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Peninggalan itu antara lain seperti batu berundak dan menhir, bejana batu atau sering disebut kalamba, dolmen denga meja besar dari batu,  dan beberapa sarkofagus atau tempat penyimpanan jenazah dan kuburan.

Namun selain peninggalan megalitikumnya, Taman Nasional Lore Lindu juga mempunyai potensi flora yang menarik dan unik, misalnya tumbuhnya pohon wanga dan leda. Begitu juga potensi fauna yang juga begitu menarik dan langka, misalnya anoa, monyet hitam dan kuskus. Begitu juga, di taman nasional ini, menjadi habitat babi rusa.

Jenis burung yang endemik di Lore Lindu juga termasuk menarik, yaitu dari burung maleo, rangkong, kakaktua, dan nuri. Hal itulah yang membuat Taman Nasional Lore Lindu menjadi kekayaan khasanah dan potensi wisata megalitikum yang lebih luas dan menarik.

Kawasan biosfer dan bentang alam perbukitan yang menyimpan flora dan fauna yang menarik (Foto KSMTour.com)

Nama Lore Lindu sendiri pun disematkan karena sebaran megalitiknya meliputi kawasan Lindu di daerah Sigi dan Lore di daerah Kabupaten Poso dengan kawasan mencakup tiga lembah yang memiliki persebarannya, yakni Lembah Napu, Lembah Behoa dan Lembah Bada.

LEAVE A REPLY