Lok Baintan, Pasar Terapung Lintas Zaman di Kalimantan

0
551
Pasar Terapung Lok Baintan, Banjarmasin.

Jika anda berwisata ke Kalimantan, belumlah lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Lok Baintan. Satu-satunya pasar terapung yang sudah berumur ratusan tahun dan masih eksis hingga saat ini.

Lok Baintan terletak di Sungai Martapura yang mengalir membelah kota Banjarmasin. Dari ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan ini dapat ditempuh dengan perahu motor lebih kurang satu setengah jam.

Bagaimana menuju ke sana?

Perahu-perahu ini akan mengantar traveler ke Pasar Terapung Lok Baintan.

Untuk itu jika anda menginap di Kota Banjarmasin, maka anda harus berangkat paling lambat jam enam pagi. Lebih bagus lagi jika berangkat jam lima. Perahu motor banyak terdapat di dermaga yang berada di depan patung bekantan di pusat Kota Banjarmasin.

Anda bisa menyewa satu perahu untuk satu trip bersama teman-teman anda. Atau bisa juga bayar perorangan dan bergabung bersama penumpang yang lain. Untuk masalah tarif, bisa dicek langsung di lokasi.

Menyusuri Sungai Martapura di pagi hari, memberi pengalaman wisata tersendiri. Anda akan disuguhi pemandangan rumah-rumah terapung di tepi sungai yang menampilkan aktivitas pagi warga Kota Banjarmasin. Perahu-perahu kecil hilir mudik membuat sungai yang besar ini menjadi ramai. Pemandangan itu semua membuat perjalanan anda menuju Lok Baintan tidak terasa lama. Apalagi setelah tiba di pusat pasar Lok Baintan, keramaian makin terasa.

Suasananya… menakjubkan!

Suasana Pasar Terapung Lok Baintan, Banjarmasin.

Puluhan perahu kecil beraneka warna yang sebagian besar dikemudikan ibu-ibu memenuhi sungai ini. Mereka mengayuh dayung dengan lincah yang membawa beraneka rupa barang dagangan. Layaknya pasar tradisional, di sini dijual banyak makanan khas Banjarmasin, beraneka ragam buah-buahan, bermacam bentuk sayuran, ikan, daging, beras dan juga semua kebutuhan sehari-hari.

Dengan gesit dan cekatan, mereka mendayung menghampiri kapal-kapal motor para wisatawan. Kemudian menawarkan dagangannya dengan berbagai macam cara. Sesekali mereka juga bertransaksi di antara mereka sendiri. Zaman dulu pasar ini masih melakukan tukar menukar atau barter barang dagangan mereka. Namun sekarang semua sudah memakai uang tunai.

Anda pun bisa merasakan sensasi belanja di Pasar Terapung Lok Baintan seperti saya.

Anda juga dapat berfoto-foto mengabadikan suasana pasar ini. Jika anda suka, bisa juga naik ke perahu penjual dan bergaya di atasnya. Mereka juga menawarkan pernak-pernik untuk berfoto, seperti topi yang biasa dipakai para pedagang tersebut. Tidak perlu bayar. Cukup berbelanja saja seperlunya sebagai rasa terima kasih anda.

Jadi jika anda ingin menikmati suasana pasar terapung yang benar-benar asli, bukan pasar terapung buatan atau setting-an, tak perlu jauh-jauh ke Thailand. Cukup ke Lok Baintan, Anda akan merasakan suasana wisata belanja yang sangat berbeda. (zh)

LEAVE A REPLY