Lodeh Enak “Mamae” Peterongan

0
316
Sajian sayur lodeh yang terkenal enak di Warung makan Bu Yuli atau dikenal dengan warung “Mamae” (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Warung Makan Bu Yuli, atau umumnya dikenal dengan warung makan “Mamae” mempunyai sajian sayur lodeh yang terkenal enak. Jarang ada di Semarang masakan sayur lodeh enak, apalagi Semarang lebih terkenal dengan berbagai jenis masakan Tionghoa-nya.  Namun, di Warung Makan Bu Yuli ini, sayur lodehnya menjadi favorit bagi para penggila kuliner.

Suasana sederhana di Warung makan Bu Yuli atau dikenal dengan warung “Mamae” (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Warung “Mamae” memang sudah legendaris menyajikan masakan enak. Sebenarnya, spesial masakan di warung makan ini adalah nasi pindang, namun orang lebih menyukai masakan sayur lodehnya.

Warung Makan Bu Yuli sudah dikenal oleh warga Semarang sejak tahun 1970-an. Awalnya Warung Makan Bu Yuli  berada di pinggir jalan MT. Haryono, tepatnya berada di seberang Star Hotel. Namun sekarang, Warung Makan Bu Yuli ini pindah di Jalan Lampersari, di sekitar timur Pasar Peterongan Semarang.

Warung “Mamae” memang telah membekas bagi beberapa masyarakat Semarang. Masakannya terbilang unik, karena ramuannya merupakan campuran ciri khas masakan asimilasi antara Tionghoa dan Jawa. Tentu saja, asimilasi itu teramu dalam sayur lodehnya. Rasa sayur lodeh yang legendaris itu tidak terlalu manis, namun juga tidak asin. Makin nikmat jika ditambah peyek ikan asin yang enak dengan sambal yang lezat.

Suasana ketika sore menjelang Warung makan Bu Yuli akan tutup, biasanya ada bahan-bahan yang disiapkan untuk besoknya (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Warung Makan Bu Yuli yang dikenal dengan Warung “Mamae” memang mempunyai sejarah sebagai warung asimilasi para Tionghoa Semarangan. Mereka, membuka warung tidak pertama-tama menghadirkan masakan Tionghoa, namun menghadirkan masakan khas Jawa Semarangan, seperti lodeh, sayur pindang, dan soto. Ramuan bumbunya yang khas Tionghoa dengan masakan Jawa membuat rasanya berbeda.

Warung makan Bu Yuli atau dikenal dengan warung “Mamae” memang sudah legendaris menyajikan masakan enak (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Enaknya lodeh Warung Makan Bu Yuli membuat warung ini senantiasa ramai dikunjungi banyak pelanggan. Apalagi pada saat istirahat jam kantor, biasanya antre. Maka, jika Anda ingin mencicipi lodehnya, datanglah di sore hari, ketika warung ini sudah mulai sepi, karena biasanya Warung Makan Bu Yuli tutup pada pukul 18.00.

LEAVE A REPLY