Lezatnya Mangut Beong Magelangan

0
787
Sajian mangut beong yang enak (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Mangut Beong, termasuk kuliner unik di sekitar kawasan Borobudur dan Magelang. Masakan ini memang tidak mudah Anda dapatkan, karena hampir di semua daerah lebih dikenal dengan mangut lele. Apalagi jenis ikan ini hanya dapat ditemukan di sekitar Magelang dan Jogja.

Mangut Beong memang mirip lele, sehingga kadang orang bisa tertipu dengan mangut lele, padahal sensasi mangut beong sangat berbeda dengan lele. Ikan Beong jika dibuat mangut lebih enak dan gurih. Namun, karena Ikan Beong lebih sulit, maka dari harganya memang lebih mahal.

Warung Bu Fatonah yang berdekatan dengan Sop Senerek Pak Parto di Magelang (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Ikan Beong sendiri merupakan ikan jenis endemik yang hanya bisa ditemukan di aliran sungai Progo yang membelah Magelang hingga Jogja. Kabarnyapun sekarang sudah sulit juga ditemukan habitat Ikan Beong ini. Maka, kabarnya ada beberapa masyarakat yang mencoba membudidayakan Ikan Beong ini.

Sensasi kuliner ini biasanya adalah bagian kepala dan ekornya yang gurih. Biasanya sebelum dibuat mangut, ikan Beong ini digoreng dahulu dengan garing, lalu baru dimasukkan dan diolah dengan bumbu pedas mangut. Namun, kadang ada yang menyajikkannya secara utuh, tergantung memilih yang berukuran kecil atau besar. Jika ukurannya yang besar bisa mencapai harga hingga Rp. 65.000.

Travel Today Indonesia berkesempatan mampir untuk mencicipi Mangut Beong ini di seputar Magelang. Berdekatan dengan Warung Sop Senerek Pak Parto yang berada di kawasan Terminal Lama Magelang, ada suguhan Mangut Beong yang lesat dari Bu Fatonah.

Sajian mangut beong dengan nasi (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Mangut Beong di Bu Fatonah, memang akan mengobati rasa penasaran atau kerinduan Anda mencicipi sensasi kuliner yang satu ini. Di Bu Fatonah Magelang ini, Anda dapat memilih ikan beong yang berukuran kecil atau yang berukuran besar. Tentu, sajian ikan Beong ini terbatas jumlahnya, karena ikan inimemang sulit untuk mendapatkannya.

Namun, Anda juga bisa mencicipinya di sentranya yang terletak di daerah Jalan Raya Borobudur-Magelang, tepatnya di daerah Salaman Magelang. Anda dapat mampir di Warung Makan Sehati yang sudah legendaris dikenal sebagai penyaji Mangut Beong khas Magelangan ini.

LEAVE A REPLY