Lesehan Sayidan, Eksotisnya Lesehan Pinggir Code Jogja

0
27
Suasana temaram Lesehan Sayidan di pinggir Sunga Code Jogja (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Lesehan Sayidan yang letaknya persis di timur Jembatan Sayidan Code Jogja, memang menawarkan sensasi kuliner sambil nongkrong di pinggir sungai. Apalagi, Anda menikmatinya di malam hari, ketika lampu-lampu gemerlap membuat pantulan indah di air sungai Code yang membelah Kota Jogja ini.

Lesehan Sayidan tepatnya terletak di Bintaran Kulon Mg 2 No. 1 Wirogunan, Mergangsan, Jogja. Area Lesehan Sayidan ini menempati jalan kampung di area pinggir Sungai Code. Suasananya memang dibuat untuk nongkrong sambil menikmati gemercik aliran sungai. Jika Anda mengunjunginya di malam hari, akan terasa begitu eksotis menyaksikan temaramnya area perkampungan Code.

IMG 20171205 183516 - Lesehan Sayidan, Eksotisnya Lesehan Pinggir Code Jogja
Sajian Wedang Canting di Lesehan Sayidan (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Lesehan Sayidan memang menjual suasana tepi sungai sebagai daya tariknya. Disamping itu disajikan berbagai ragam makanan dan minuman, dari olahan penyetan, bebakaran, dan aneka nasi goreng hingga minuman wedang yang khas. Salah satu wedang khas yang dihadirkan adalah sajian “Wedang Canting.” Wedang Canting adalah sajian ramuan minuman yang terbuat dari bahan gula aren, jahe dan nira kelapa.

Lesehan Sayidan banyak dikunjungi para kawula muda, umumnya mahasiswa. Harganya yang terjangkau dan tempatnya yang asyik untuk nongkrong, membuat banyak kawula muda sering menyambangi lesehan yang satu ini.  Lesehan Sayidan sering dikenal juga dengan singkatannya “Lesa.”

IMG 20171205 183817 - Lesehan Sayidan, Eksotisnya Lesehan Pinggir Code Jogja
Sajian bebakaran ayam di Lesehan Sayidan (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Suasana khas kampung Jogja dengan jalan sempit di pingiran Sungai Code memang membuat Lesehan Sayidan perlu menjadi pilihan Anda. Walaupun Lesehan Sayidan ini terbilang biasa dari sajian menunya, namun suasana kuliner di bawah jembatan Sayidan dan di pinggir sungai Code cukup mengasyikkan.

IMG 20171205 183311 - Lesehan Sayidan, Eksotisnya Lesehan Pinggir Code Jogja
Lesehan Sayidan yang terletak di timur Jembatan Sayidan Jogja (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Lesehan Sayidan memang terbilang terletak di area pusat Kota Jogja yang strategis, karena jaraknya tidak begitu jauh dari kawasan titik Nol Kilometer. Jika memungkinkan, Anda pun dapat jalan-jalan juga menyambangi kelokan sempit kampung Sayidan dan mengingat lirik khas Band yang berasal dari Kampung ini, yaitu Shaggydog….

“…..bila kau datang dari selatan

langsung saja menuju Gondomanan

belok kanan sebelum perempatan

teman teman riang menunggu di Sayidan

di Sayidan di jalanan

angkat sekali lagi gelasmu kawan

di Sayidan di jalanan

tuangkan air kedamaian…”