Lawang Ombo, Misteri Rumah Candu Lasem Rembang

1
1585
Lawang Ombo adalah wisata heritage yang mengajak Anda untuk menengok sejarah kelam perdagangan candu di masa penjajahan. (foto: cdn.brilio.net)

Kota-kota pesisir di pantai utara, dari Jepara, Rembang dan Kudus sudah dikenal menyajikan wisata heritage yang memukau. Salah satu yang perlu masuk daftar adalah Kecamatan Lasem di Kabupaten Rembang.

Kota kecil Lasem, memberikan pesona rumah-rumah kuno yang begitu membawa Anda seakan tenggelam dalam romatika pesona masa lalu. Disamping sajian batik Lasem yang begitu terkenal itu, pesona Lawang Ombo patut Anda kunjungi.

Lawang Ombo adalah wisata heritage yang mengajak Anda untuk menengok sejarah kelam perdagangan candu di masa penjajahan. Lawang Ombo ini dikenal sebagai sebutan “Rumah Candu.” Hal itu, dikarenakan, rumah ini, digunakan untuk menyimpan candu dan opium yang langsung dibawa dari Cina.

Terowongan Lawang Ombo yang dulunya untuk menyelundupkan candu. (foto: merahputih.com)

Dalam laman seputarmuria.com, di Lawang Ombo ini ada keberadaan terowongan yang dulunya digunakan untuk menyelundupkan candu. Maka, jika Anda sempat mengunjungi Lawang Ombo ini, Anda dapat menengok adanya terowongan yang memang dibuat untuk melakukan penyelundupan dan penyimpanan candu. Biasanya candu yang dibawa dari kapal, langsung dibawa melalui sungai babagan yang akhirnya mengarah di terowongan yang berada di bawah Lawang Ombo itu.

Misteri perdagangan candu yang menghiasi sejarah Lawang Ombo ini memang menarik untuk ditelisik. Dalam laman nationalgeographic.co.id, Agni Malagina, seorang sinolog, memberikan ulasan menarik mengenai latar belakang Kota Lasem yang menjadi kota “pusaka” bagi perkembangan sejarah asimiliasi Tiongkok di Indonesia.

Bahkan, Lawang Ombo disebut sebagai rumah yang mempunyai koneksi terowongan yang menghubungkan juga dengan keluarga Lim yang sekarang ini rumah sudah menjadi kantor polisi sektor Lasem.

Dua orang sedang mengisap opium. Jaman dahulu hal ini telah menjadi prakrik umum di Lasem. (foto: upload.wikimedia.org)

Maka jika Anda berkesempatan mengunjunginya, Anda akan merasakan pesona Lawang Ombo seperti dalam film-film Tiongkok di era mafia candu. Di mana ada lorong, bahkan terowongan rahasia untuk menyembunyikan perdagangan rahasia opium dan candu yang saat itu sudah merajalela di era penjajahan.

Konon, bahkan katanya Lawang Ombo dikenal sebagai pusat operasi candu bagi daerah-daerah Pati, Jepara hingga Cirebon. Hingga kini, Lawang Ombo masih menyimpan misteri mengenai sejarah kelam yang pernah terjadi di tempat itu, mengenai perdagangan candu yang tersembunyi itu.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY