Larangan Perempuan di Pulau Karang Jamuan

0
1117
Karang Jamuang. Letaknya di utara Kabupaten Bangkalan Madura. (foto: cdn.amebaowndme.com)

Karang Jamuang. Letaknya di utara Kabupaten Bangkalan Madura, pulau yang konon merupakan pulau buatan ini berada di tengah laut Jawa.

Orang-orang menamai pulau ini Karang jamuan dan bukan Karang Jamuang seperti nama resminya. Sedang para nelayan Ujung Pangkah, Gresik, lebih akrab memanggilnya Pulau Nyamukan.

Ada sebuah mercusuar di pulau ini, sekaligus petugasnya, namun mereka tidak tinggal menetap di pulau ini bersama keluarganya. Ya, memang pulau ini sesungguhnya tak berpenghuni.  Namun, pulau ini juga menjadi habitat sempurna bagi spesies bangau dan hutan bakau.

Pasirnya putih tanpa terlihat sampah. Bersih dan jernih sekali. Pulau Karang jamuang. (foto: images.dagelan.co)

Pasirnya putih tanpa terlihat sampah. Bersih dan jernih sekali. Menurut padmagz.com, bahkan tak ada jejak kaki manusia di pasir pantai itu. Andai Anda berenang telanjang pun, tak kan ada yang mengintip.

Aneh. Ada larangan untuk perempuan di Karang Jamuang ini. Yah, tentu saja perempuan boleh berkunjung, tapi tidak untuk menginap. Kalaupun berkunjung, untuk perempuan hanya dibatasi hingga jam lima sore waktu setempat.

Menurut kepercayaan yang berkembang, selalu akan terjadi masalah tiap kali ada yang mencoba melanggar pantangan tersebut. Beberapa orang mengatakan pulau  yang terletak di Laut Jawa, tepatnya di utara Kabupaten Bangkalan, Madura itu seakan tenggelam kalau ada perempuan nekat bermalam di sana.

Pulau Karang Jamuang dikelilingi pembatas demi mencegah air laut pasang. (foto: cdn.amebaowndme.com)

Barangkali saja mitos ini justru untuk melindungi perempuan mengingat Pulau ini masih merupakan pulau tersembunyi. Karang Jamuang disebut tak berpenghuni dan masih sangat jarang dikunjungi, bukan?

Namun menurut otonomi.com, mitos tinggallah mitos belaka. Karang Jamuang belakangan justru diproyeksikan menjadi lokasi wisata bahari yang cukup potensial. Sejumlah fasilitas pendukung akan segera dibangun, termasuk camping ground, wahana permainan air, arena olahraga, pujasera, serta taman permainan anak.

Ada sebuah mercusuar di Pulau Karang Jamuang ini. (foto: cdn.amebaowndme.com)

Untuk bisa mencapai Karang Jamuang, Anda bisa menyeberang dari Surabaya menggunakan kapal sewaan. Atau bisa ditempuh melalui Ujung Pangkah dengan menggunakan perahu tradisional milik nelayan dengan waktu tempuh sekitar tiga jam perjalanan.

Tak perlu khawatir, justru perjalanan dengan perahu tradisional bermotor atau yang disebut nelayan Ujung Pangkah mesin dongpreng, akan membuat perjalanan ke Karang Jamuang menjadi penuh tantangan.

LEAVE A REPLY