Kupat Tahu Pak Lan, Kuliner Malam Muntilan yang Pantas Disayang

0
513
Sepiring lezatnya kupat tahu yang khas (Purwono NA/Traveltoday)

Kupat Tahu Pak Lan yang membuka warung tendanya di sentra kuliner Sayangan ini, merupakan salah satu kuliner yang pantas Anda coba. Warung kupat tahu ini memang setiap hari membuka warungnya dari pukul 17.00 hingga tengah malam bersama beberapa kuliner lainnya di sepanjang kawasan Sayangan Muntilan ini.

Orang menyebutnya, sebagai Kupat Tahu Pak Lan, atau Kupat Tahu Legendaris. Warung kupat tahunya memang sudah lama menghiasi kuliner khas Magelang-Muntilan sejak tahun 1980an. Travel Today Indonesia mampir untuk mencicipi kelezatan kupat tahunya yang enak dan khas ini.

Salah Satu Favorit di Sayangan

Kupat tahu ini memang dikenal dengan sajian tahunya yang enak. Biasanya, ketika Anda memasuki warung tendanya, Anda akan disuguhi tahu yang berukuran cukup besar, digoreng, lalu dipotong-potong dan disajikan dengan lombok uleg yang membuatnya akan semakin lezat.

Gerobak warung tendanya yang khas sejak lama (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Sebagai salah satu sajian di sentra kuliner Sayangan Muntilan ini, Kupat Tahu Pak Lan termasuk favorit dan senatiasa dikunjungi oleh banyak orang, terutama penggemar kuliner Muntilan. Biasanya para pelangganya tidak hanya dari Muntilan dan sekitarnya, tetapi ada juga dari Jogja, bahkan dari Solo dan Klaten.

Sayangan Pusat Kulinernya Muntilan

Kawasan Kuliner Sayangan memang sudah dikenal cukup lama sebagai sentra kuliner malamnya Muntilan. Nama “Sayangan” disematkan, karena dulunya kawasan ini di Muntilan dikenal sebagai kawasan para pedagang yang membuat barang-barang dari tembaga. Para pengrajin tembaga inilah yang sering disebut sebagai “Sayangan.” Maka, walaupun sudah tidak ada lagi pengrajin tembaga, namun kawasan ini masih dikenal dengan Sayangan.

Sejak tahun 2000-an kawasan Sayangan memang sudah dikenal sebagai pusatnya kuliner Muntilan. Sekarang ini bahkan ada puluhan pedagang yang memadati kawasan ini. Pengunjungnya pun juga tidak hanya dari Muntilan, banyak juga yang memang sengaja datang dari Jogja atau Magelang untuk berburu kuliner.

Kupat Tahu yang membuka warung tendanya di sentra kuliner Sayangan (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Warung Kupat Tahu Pak Lan dengan ciri kupat tahu Muntilan ini, membuatnya menjadi pilihan yang memang unik dan enak. Maka, jika Anda mampir atau melewati seputar Muntilan, cobalah ke sentra kuliner Sayangan, khususnya cicipi kupat tahunya yang enak, apalagi dengan uleg cabainya yang menambah selera.

LEAVE A REPLY