Kue Leker Kuwalik, Jajan Jalanan Enak di Teluk Marina

0
1575
Sajian kue leker yang mengundang selera, dengan mobil tenda berkeliling.

Kue Leker Kuwalik yang setiap hari mangkal di seputar Jalan Villa Marina, Tawangsari, Semarang Barat, atau tepatnya berdekatan dengan area kawasan Teluk Marina Semarang ini, merupakan jajanan kue leker pisang yang cukup lezat. Menu sajiannya meliputi beberapa menu kue leker keju pisang hingga coklat pisang.

Kue Leker Kuwalik ini setiap hari membuka lapaknya dengan mempergunakan mobil tenda dari pukul 07.00 hingga sekitar 12.00 siang.  Di Kota Semarang pun, Kue Leker Kuwalik ada beberapa warung tendanya yang buka di beberapa tempat, selain yang mangkal di seputar Teluk Marina Semarang ini. Ada salah satunya yang membuka juga di sekitar Jalan Kelud Raya, Gajah Mungkur Semarang.

Kue Leker yang mangkal di seputar Jalan Villa Marina, di sekitar Teluk Marina Semarang.

Asalnya dari kata “Lekker” yang Berarti Enak

Sajian Kue Leker Kuwalik memang menyajikan berbagai macam jenis kue leker. Cara menyajikannya pun memang terbalik atau dalam bahasa Jawa dikatakan sebagai “kuwalik.” Artinya kue leker ini, isi diletakkan pada bagian bawah yang langsung dibungkus dengan tepung terigu, yang tidak seperti biasanya dengan model penyajian seperti martabak atau serabi.

Mangkal dengan mempergunakan mobil untuk berkeliling di seputar Teluk Marina Semarang ini.

Sebenarnya jajanan kue leker ini sudah berkembang lama di Indonesia sebagai salah satu jajan jalanan yang cukup populer. Maka, tak heran jika di berbagai tempat Anda dapat menemui sajian kue leker ini. Konon dari asalnya, kata leker berasal dari bahasa Belanda “lekker” yang berarti enak atau begitu lezat. Entah mengapa, kata “lekker” ini, kemudian dipergunakan untuk nama kue yang sekarang sudah populer di berbagai tempat di Indonesia ini dengan pisang dan bungkus terigunya ini.

LEAVE A REPLY