Kuatkan Pariwisata Banten, Kontes Burung Berkicau Digelar

0
27
Suasana kontes burung yang digelar di kantor Perum Perhutani Divreg Jabar Banten di Jalan Soekarno-Hatta 628 Kota Bandung, Minggu 13 Mei 2018 (Foto: Deni Yudiawan/Pikiran Rakyat)

Traveler, hari Minggu (13/5) lalu kontes burung berkicau digelar demi kuatkan pariwisata Banten. Ini adalah cara unik Perum Perhutani Regional Jawa Barat dan Banten untuk mempromosikan sejumlah lokasi wisata yang mereka kelola.

Sedikitnya 1.500 orang peserta ikut berpartisipasi dalam kontes tersebut. Tak main-main, mereka memperebutkan hadiah utama berupa uang tunai sebesar Rp 10 juta serta piala Kadivreg Jabar Banten.

Kontes burung berkicau sendiri  digelar di kantor Perum Perhutani Divreg Jabar Banten di Jalan Soekarno-Hatta 628 Kota Bandung.

Pembagian kelas yang Unik

Yang unik, pembagian kelas dalam lomba burung berkicau itu dibuat berdasarkan lokasi-lokasi wisata milik Perhutani lho.

Kelas Patuha Resort, Kaldera Galunggung, Curug Cilember, Bale Caang, dan Rancaupas. Setiap kelas memperlombakan jenis burung berkicau yang berbeda.

Menurut Ketua Pelaksana Kontes Burung Berkicau Perhutani, Yadi Suryadi, kegiatan kontes burung berkicau ini bekerja sama dengan juri dari NZR Indonesia.

Selain hadiah uang tunai Rp 10 juta, hadiah untuk peserta juga berupa voucher menginap di lokasi-lokasi wisata tersebut.

“Kita ingin masyarakat merasakan langsung bagaimana nyamannya lokasi wisata Perhutani. Kontes burung berkicau ini menjadi sarana yang tepat untuk memperkenalkannya,” kata Yadi seperti dilansir Pikiran Rakyat.

Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak yang membantu terlaksananya lomba itu.

Promo Wisata Perhutani

Kepala Perum Perhutani Kadivre Jabar Banten, Andi Purwadi, menyambut baik lomba burung berkicau tersebut.

Kegiatan ini menurutnya merupakan suatu rangkaian dalam mempromosikan berbagai lokasi wisata yang dikelola Perhutani.

“Dengan adanya kegiatan kontes burung berkicau tersebut, masyarakat dapat mengenal berbagai lokasi wisata yang ada di dalam wilayah pengelolaan Perum Perhutani terutama di wilayah Jawa Barat dan Banten,” kata Andi.

Andi mengatakan, selain untuk ajang promosi wisata, acara itu juga ditunjukan sebagai awal mula rencana budidaya penangkaran burung di lingkungan Perhutani. Bahkan, rencananya, acara lomba serupa akan dilaksanakan di tempat wisata sebagai objek daya tarik wisata.

Wah, para penggemar burung, siap-siap saja dengan program andalan Perhutani ini, lomba burung berkicau. Hitung-hitung, bisa bantu pemerintah promosi wisata Indonesia kan? Simak terus ya!

LEAVE A REPLY