Kopeng Treetop Adventure Park, Ajak Keluarga Wisata Tantangan

0
535
Jalan masuk Kopeng Treetop Adventure Park. (foto:Sandra Palupi)

Ditraktir tamasya ke tempat yang tidak kita ketahui, sungguh memancing rasa ingin tahu. Ini terjadi ketika sepupu saya ingin bepergian bersama dan tiba-tiba saja kami sudah berada di jalan menuju Kopeng, Salatiga.

Kira-kira satu jam dari Semarang, sampailah kami pada sebuah hutan pinus yang sunyi. Masih di Kabupaten Semarang sih, tapi saya tidak menyangka ada hutan pinus yang indah di lereng Gunung Merbabu ini. Dari sebuah tempat yang panas dan cerah, saya masuk ke suasana dingin-dingin sejuk dengan kabut tipis menyelimuti batang-batang  pinus yang tinggi itu. Kejutan indah buat kami. Anak-anak nampak gembira berlarian.

Uniknya, saya melihat ada semacam lintasan dari pohon ke pohon dengan ketinggian yang berbeda-beda. Saya jadi teringat tempat yang disediakan untuk outbound. Bagaimana tidak, di sana ada jembatan kayu,  monkey track, rintangan jala, lompat tarzan, bahkan flying fox dari pohon ke pohon. Saya juga melihat ada panjat dinding anak-anak lho.

Nampak bagian dalam alam hutan pinus yang misterius. (Foto: Sandra Palupi)

Wow, ternyata Treetop Adventure Park merupakan tantangan bagi para traveler yang suka berpetualang.

Rasa ingin tahu saya meningkat dan mencari info di situs milik Perum Perhutani. Di sana terbaca bahwa hutan pinus itu memang dibuka, untuk meramaikan wisata di kompleks Umbul Songo, yang selama ini sudah terkenal sebagai lokasi perkemahan. Gagasan mendirikan permainan penuh petualangan itu, karena di Jateng-DIY belum ada wisata tantangan seperti itu.

Sebelum memulai semua permainan yang ada, pemain mengikuti pembekalan singkat dari instruktur.  Kali ini cukup anak-anak yang menikmati petualangan ini. Saya memilih untuk mendampingi anak-anak bermain. Peralatan keamanan berstandar internasional dipasangkan di tubuh mereka. Patrol Guide juga akan selalu mengawasi.

Anak-anak belajar berani dengan tinggi lintasan yang lebih rendah dari lintasan dewasa. (foto: Sandra Palupi)

Kopeng Treetop Adventure Park, cara baru menjelajahi dan mengenal hutan dengan unik dan menyenangkan. Perhutani berharap agar wisata tantangan ini menjadi pilihan hiburan keluarga. Pesertanya mulai dari anak-anak usia 4 tahun.

Apabila berencana ke mari, Anda perlu mengenakan pakaian sporty agar leluasa bergerak. Bila Anda hanya sekadar duduk-duduk menikmati alam, saya sarankan memakai jaket atau scarf agar tubuh tetap hangat.

Oh ya, saya perlu menuliskan sesuatu. Terima kasih traktiran indahnya ya, sepupu sayang…

LEAVE A REPLY