Kok Bisa, Pulau Hanya Muncul 2 Jam Sehari? Ada di Aceh Lho Ini!

0
396
Foto: uzone.id

Ya, Traveler. Pulau pasang surut ini jadi daya tarik baru di Pulau Banyak, Aceh. Pulau ini hanya muncul 2 jam sehari lho. Dan penuh dengan burung camar. Namanya Baby Island! Alamak cantik nian pulaunya….

Bila Anda pelesiran ke Aceh Singkil, Baby Island menjadi salah satu destinasi wisata ‘wajib’ loh. Pulau kecil ini hanya muncul siang hari.

Butuh waktu sekitar 13 jam dengan menggunakan jalur darat dari Banda Aceh menuju Kabupaten Aceh Singkil, tempat Pulau Banyak berada. Nah, di Pulau Banyak inilah Baby Island yang berukuran 4X5 meter ini muncul.

Foto: www.sukita.info

Dari ibu kota Aceh Singkil ke Pulau Banyak, traveler harus menyeberang dengan feri dan waktu berlayar sekitar 2 jam.

Datang dan Perginya Pulau Baby Island

Pulau Banyak memiliki panorama ini juga tak kalah indah dengan destinasi di tempat lain yang sudah duluan tersohor. Ya, di pulai ini Taveler akan disambut dengan beragam lokasi wisata. Namun, tentu saja Baby Island amat menarik perhatian.

“Pulau ini hanya bisa kita lihat sekitar pukul 12.00 WIB dan hanya beberapa jam saja. Pulau ini terlihat ketika air laut surut. Saat air kembali pasang, pulau itu tidak lagi nampak,” kata seorang Pegiat Wisata Pulau Banyak, Novri, seperti dilansir Detik Travel.

Sebelum tsunami memporak-porandakan Aceh 26 Desember 2004 silam, Bbay Island ini ditumbuhi pohon kelapa. Namun setelah bencana dahsyat itu terjadi, pulau ini hilang tenggelam akibat penurunan daratan.

Foto: www.sukita.info

Pulau ini sungguh unik. Keberadaannya kembali diketahui pada 2014 yang munculnya hanya dapat dilihat kala air laut surut. Bentuk yang nampak ke permukaan yaitu pasir putih halus khas Kepulauan Banyak.

Burung Camar Percantik Panorama

Panorama dramatik begitu mempesona saat ribuan burung camar yang berada di tengah laut mendekat dan singgah saat pulau ini muncul di permukaan.

Keberadaan burung-burung yang bermain di sana menjadi salah satu pemandangan yang siap memanjakan mata. Traveler pun dapat mengabadikan pemandangan super indah ini.

“Di Pulau Banyak ada sekitar 63 pulau yang di antaranya berukuran kecil dan tak berpenghuni. Di Pulau Banyak juga ada spot bagi pengunjung yang ingin berselancar. Kualitas ombaknya berstandar internasional,” jelas Novri

Wisatawan yang  berkunjung ke sana juga dapat melakukan snorkeling di pinggir Baby Island. Selain itu, Traveler juga dapat melihat detik-detik pulau kembali tenggelam saat air pasang.

LEAVE A REPLY