Kios Kue Putu Beringharjo, Kiosnya Jajan Pasar Enak

0
346
Kios Kue Putu Beringharjo yang menyajikan jajan pasar yang enak (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Kios Kue Putu yang berada di pintu masuk sekitar Pasar Beringharjo, memang sudah dikenal sebagai kios yang menjajakan khas kue putu yang enak. Disamping kue putu, juga tersedia cenil, klepon, lumpia dan onde-onde. Hampir setiap siang hingga sore hari, berbagai pelanggan berjajar antri untuk mencicipi dan membawa pulang kue putunya yang sudah melegenda ini.

Kue putu disajikan begitu khas dengan direbus bilah bambu yang membuat aroma sedap dengan daun pandan dan taburan kelapanya. Kue putu memang sudah dikenal lama dalam masyarakat Nusantara. Sehingga, sajian Kios Kue Putu di Pasar Beringharjo ini terbilang laris manis.

Perangkat bambu yang khas untuk meerbus tepung beras kue putu (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Kios Kue Putu di Pasar Beringarjo ini memang tidak lagi berkeliling. Setiap harinya, kios ini mangkal dari siang hingga sore. Sajian kue putu yang terbilang menarik dipandang, apalagi dengan aroma yang sedap, membuat para pelancong yang berjalan melewati dari Malioboro senatiasa mampir dan mencicipi.

Jika Anda memulai memasuki kawasan Pasar Beringarjo sebelah pintu barat dari Malioboro, silahkan mampir di Kios Kue Putu yang lezat ini. Tentu, biasanya jika sore, Anda harus antri karena berjubelnya para pelanggan dan lalu lalang pengunjung pasar sore seputar Malioboro.

Harganya sebutir kue putu juga tak terlalu mahal. Biasanya, satu butirnya dibandrol dengan harga Rp.1500. Rasa yang gurih dan enak, apalagi dengan gula Jawa, tentu akan membuat Anda menikmatinya. Biasanya, kue putu dibungkus dengan daun pisang lalu ditaburi kelapa atau gula putih menurut selera Anda.

Antrian di Kios Kue Putu Pasar Beringharjo (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Konon kue putu ini sudah menjadi kue favorit kuliner masyarakat Jawa sejak zaman penjajahan Belanda. Kue putu memang dibuat dengan bahan tepung beras yang saat itu mudah ditemui dan diolah oleh masyarakat. Padahal awalnya, kue putu ini disebut sebagai “Putu Belanda,” karena bahan dasarnya dari terigu, telur dan vla. Namun, karena dikembangkan dengan porsi dan versi merakyat, jadila kue putu yang terbuat dari tepung beras yang direbus dengan sajian bambu yang khas ini.

LEAVE A REPLY