Keunikan Air Jin Kabupaten Buru Selatan, Maluku

0
412
Air Jin Kabupaten Buru Selatan yang penuh keunikan. (foto: Viva)

Air Jin di Kabupaten Buru Selatan, Maluku ini masih jarang dibicarakan di dunia pariwisata. Padahal, Air Jin ini merupakan destinasi wisata yang keelokan dan keunikannya cukup menjanjikan. Namun kini, gebrakan kepariwisataan Indonesia mulai memberi peluang bagi destinasi wisata yang unik ini agar lebih dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Seperti namanya, Air Jin, menurut babe.news, air yang keluar dari lubang batu karang ini terkesan menyeramkan. Sehingga mungkin ini menjadi alasan orang takut berpergian kesana. Namun jangan salah, meski namanya sangat kental berbau mistis, para wisatawan tak perlu takut, karena air yang berada dibawah kaki Gunung Kapalamadan ini akan memberikan kenyamanan saat berada disana.

Keunikan dari Air Jin ini adalah, airnya yang berwarna tosca, pepohonan yang rindang dan sapuan angin akan menambah keinginan anda untuk berlama-lama di sana. Tentunya Anda akan berburu gambar dengan spot yang menarik, terutama menangkap warna tosca-nya yang indah untuk diabadikan.

Air Jin masih belum banyak dikunjungi padahal cukup menjajikan keindahan alamnya. (foto: ranadotnewsdotblog.files.wordpress.com)

Menurut ptsolidgoldberjangkapusat.blogspot.com, wisata ini jg memiliki peninggalan datuk dan leluhur yang terbukti adanya bekas telapak kaki manusia raksasa yg melekat di atas Air jin. Di atas Air Jin ini juga ada 9 buah gua yang mempunyai lukisan manusia, melekat pada dinding gua tersebut. Konon menurut mitos setempat, Air Jin ini dijaga oleh 3 orang putri yg berada pada Gunung Kepala Madan yang diperintahkan untuk menjaga kebersihan & keindahan alam sekitar.

Air Jin sangat bermanfaat bagi warga setempat, karena sumber air yang keluar dari batu karang itu dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Dibutuhkan waktu kurang lebih 10 menit dari Desa Biloro di Pulau Tomaho Kecamatan Kepala Madan untuk menuju ke Air Jin dengan menggunakan speedboat.

Karena keunikannya, Air Jin masuk dalam nominator destinasi terbaik indonesia dalam kategori Most Popular Unique Tourism Spot pada acara Anugrah Pesona Indonesia (API) ll 2017 yang berlangsung dari bulan juni 2017 hingga Oktober 2017 seperti dilansir situs www.ayojalanjalan.com .

 

LEAVE A REPLY