Keren, Ada 10 Tips Wisata Kuliner Agar Kantong Aman Terkendali Lho!

0
46
Kawasan kuliner Sudirman Street dengan konsep food courtnya (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Melakukan wisata kuliner saat traveling tentu menjadi sebuah keharusan. Bertemu aneka makanan yang unik dan langka, apalagi tersohor, sering membuat Traveler kehilangan kendali. Semua ingin dicicipi, ingin dicoba, bahkan dijadikan oleh-oleh.

Tak disangka, mengandalikan rencana wisata kuliner di tengah perjalanan wisata tak semudah yang dibayangkan. Apalagi dengan informasi yang amat minim. Nah, beberapa tips dari Danaxtra.com agar kantong terkendali saat wisata kuliner di tengah traveling ini perlu Anda ketahui:

1. Cari Referensi Spot Kuliner

Sebelum berangkat, Anda sebaiknya sudah mencari referensi tempat-tempat wisata kuliner yang khas dan hits di daerah itu. Tempat makan yang direkomendasikan dapat menjadi acuan bersantap selama Anda berwisata. Cari lokasinya secara persis agar tidak kebingungan saat sampai di destinasi.

Jangan malas googling untuk mencari informasi seputar daerah tersebut. Latar belakang budaya, hal yang mesti dihindari, kuliner andalah daerah bersangkutan, harganya, dan sebagainya.

Suasana kuliner malam di Gili Trawangan. (Foto: fthmb.tqn.com)

2. Tentukan Budget Kuliner

Tentukan budget untuk makan selama masa traveling, karena untuk masalah makanan, manusia sering lupa dan ‘fleksibel’ terhadap pengeluaran. Mungkin tidak presisi, namun dengan perhitungan yang baik sejak awal, Anda akan terbantu dalam mengontrol keuangan selama traveling.

Pokoknya, hindari makan tanpa perhitungan.

3. Atur Waktu Kuliner dengan Tepat

Anda mungkin berfikir, menunda makan akan menghemat pengeluaran. Jangan salah, selain berisiko terhadap kesehatan, perilaku ini justru bisa membuat kantong jebol.

Mengapa? Karena kemungkinan Anda akan lebih banyak jajan dan ngemil berbagai makanan yang harganya belum tentu murah. Terutama jika membelinya di lokasi wisata yang sedang dikunjungi.

Jadi, atur jadwal dengan baik apalagi bila ada beberapa tempat wisata kuliner yang hendak dikunjungi.

4. Jangan  Sembarangan Masuk Tempat Kuliner

Cari dan pilih restoran yang menawarkan harga murah dan ramah bagi kantong, namun tentunya dengan rasa yang tidak kalah sedap dari berbagai restoran mewah di luar sana.

5. Jangan Malu Tanya Harga

Sebuah rumah makan yang sekilas terlihat sangat sederhana, belum tentu menyajikan harga murah meriah. Maka, Anda mesti hati-hati tentang harga yang tak tercantum. Jangan malu tanya harganya. Kekesalan Anda akan merusak kegembiraan wisata kuliner Anda.

6. Pilih Tempat Kuliner yang Ramai

Jika bingung, sementara lapar menghantam perut Anda, pilih tempat ramai. Ini sebenarya pakem umum, banyak orang  beranggapan tempat makan yang ramai menandakan cita rasa masakannya bisa dipercaya.

Ramainya penggemar kuliner Nasi Ayam Semarang ini. (foto: senengbangetmakan.files.wordpress.com)

7. Pilih Kuliner yang Bersih

Tidak boleh melupakan aspek aspek kebersihan. Pilihan tempat makan yang bersih dan higienis agar kesehatan Anda tetap terjaga. Kalau perlu, perhatikan bagaimana tampilan dan cara penyajian para penjual makanan yang hendak Anda cicipi.

Jika ragu-ragu atas suatu tempat, Anda dapat memilih minuman kemasan sebagai pendamping makanan Anda.  Kesehatan Anda jauh lebih penting saat berlibur.

8. Pilih Resto yang Sediakan Kuliner Khas

Mencicipi makanan khas merupakan salah satu hal yang sebaiknya dilakukan saat berwisata. Saat berwisata kita dapat mencoba, melihat, melakukan, dan mencicipi hal yang baru.

Jangan ragu untuk menyakan kepada pelayan, hal pa saja yang perlu Anda ketahui sehubungan dengan santapan yang hendak Anda pilih.

9. Hindari Hotel, Lebih Asyik Kuliner di Food street

Bola Ubi Gardujati yang berada di kawasan kuliner Jalan Cibadak (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Selama masa travelling, ada baiknya Anda menghindari untuk makan di restoran hotel, mengingat harga makanan di sana kemungkinan akan jauh lebih mahal dari pada berbagai restoran lain di luar.

Pilihan untuk makan di food street bisa dipertimbangkan, mengingat di tempat ini akan mudah menemukan berbagai menu makanan dengan harga sangat ramah bagi kantong. Banyak hal menarik dan asyik dari food street.

10. Manfaatkan Voucher dan Diskon Kuliner

Nah, kumpulkan atau berburulah voucher dan diskon restoran terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Bukan hanya potongan harga yang lumayan besar, dengan voucher ini Anda juga bisa menikmati berbagai menu menarik dengan harga yang sangat masuk akal.

Nah, ayo siapkan perjalanan Anda dengan gembira, lengkap dnegan wisata kulinernya!

LEAVE A REPLY