Kepulauan Kei ‘Fix’ Dianggap Hidden Paradise Pulau Paling Tenggara

0
43
Pantai Ngurtavur, Kepulauan Kei. (Foto: www.travellink-indonesia.com)

Selain Pulau Dewata, Kepulauan Kei memiliki pesona kecantiknya. Pulau paling tenggara di Indonesia ini fix dianggap termasuk hidden paradise.

Bagaimana tidak, di tahun 2016, Kementerian Pariwisata memberi anugerah The Most Hidden Paradise.

Kepulauan Kei di Indonesia terletak di bagian tenggara Kepulauan Maluku, bagian dari provinsi Maluku. Penduduk setempat menyebut pulau-pulau ini sebagai Nuhu Evav (“Kepulauan Evav”) atau Tanah Evav, namun lebih dikenal sebagai Kei atau Kai oleh penduduk dari pulau-pulau luar.

“Kai” sebenarnya adalah sebutan Hindia Belanda kolonial, dan buku ini masih ditulis dalam buku sumber lama.

Pasir Timbul Ngurtavur Kepulauan Kei. (Foto: backpackerjakarta.com)

Kepulauan ini terletak di sebelah selatan Semenanjung Kepala Burung di Irian Jaya, sebelah barat Kepulauan Aru, dan di Kepulauan Tanimbar timur laut.

Kepulauan Kai terdiri dari beberapa pulau, yaitu Kei Besar atau Nuhu Yuut atau Nusteen, Kei Kecil atau Nuhu Roa atau Nusyanat, Kei Tanimbar atau Tnebar Evav, Kei Dulah atau Du, Dulah Sea atau Du Roa, Kuur, Taam, Tayandu atau Tahayad.

Infrastruktur

Meski kalah pamor dibandingkan destinasi wisata lain di Timur Indonesia, namun Kei telah memilik infrastruktur yang lengkap.

Bandar udara, jalanan yang nyaman hingga penerangan yang baik. Sementara untuk menuju Kei, wisatawan tidak perlu merogoh kocek yang besar.

Seperti dilansir lifestyle.sindonews.com, wisatawan dapat menggunakan penerbangan dari Jakarta ke bandara Patimura Ambon, kemudian ke bandara Dumatubin, Langgur selama 1,5 jam.

Sedangkan untuk akomodasi, terdapat penginapan bintang hingga homestay. Hotel besar kecil itu ada 20 dengan total kamar ada 200.

Hidden paradise nan ajaib. (Foto: dantoadityo.com)

Atraksi Wisata

Untuk atraksi wisata, Kei memiliki pantai dengan pasir putih selembut bubuk susu serta air laut jernih yang mampu memuaskan para pecinta wisata bahari.

Tak tanggung-tanggung, untuk menikmati keindahan laut tersebut, wisatawan bisa snorkeling di laut terdalam dunia, Laut Banda.

Banyak destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan di Kepulauan Kei ini, Traveler. Mulai dai Pantai Ngur Sarnadan, Pantai Pasir Panjang, Gua Hawang, Pulau Bair, Bukit Masbait, dan masih banyak lagi pesona kecantikan Kepulauan Kei ini.

Ayo Traveler, kapan Anda kemari?

LEAVE A REPLY