Kenikmatan Soto Dok yang Siap Menggebrak Jantung Anda

0
80
Foto: jombangcityguide.blogspot.co.id

Traveler, sudah berapa jenis soto yang telah Anda icipi? Sudahkan merasakan kenikmatan soto yang satu ini? Ya, Soto Dok yang siap menggebrak jantung Anda di waktu tak terduga.

Soto ini memang tidak sepopuler Soto Lamongan atau soto sejenis lainnya, namun karena kurang familiar itu soto ini justru jadi melegenda dan tidak mudah dinikmati di banyak tempat, selain Jombang.

Hampir seperti banyak soto Indonesia, Soto Dok juga mempunyai warna khas kuning. Namun kuahnya lebih kental ditambah dengan taoge kacang hijau sebagai taburannya.

Soto ini biasanya lebih banyak disajikan dengan nasi yang langsung dicampur di dalam kuahnya. Ya, sampai di sini, masih sama seperti soto-soto lain di Indonesia.

Meracik soto sambil menggebrak meja. (Foto: i.ytimg.com)

Lalu, sebagaimana soto lainnya, soto ini juga kaya dengan bumbu dan rempah. Sejumlah bumbu khas Indonesia, menurut www.brilio.net, seperti batang serai, daun jeruk parut, daun salam, bawang prei, sledri, bawang putih, bawang merah, merica, ketumbar, jinten, paladin, jahe, hingga kunyit harus ada untuk membuat soto ini.

Jangan lupakan juga berbagai macam jeroan seperti babat, hati, lidah, paru dan limpa yang selalu menemati soto dok yang biasanya juga dilengkapi dengan perkedel kentang.

Hmm, lalu apa ya istimewanya? Ya, tentu saja, di penyajiannya yang unik.

Pemberian nama Soto Dok sendiri, dalam Kompasiana, terkait dengan cara penyajiannya. Dalam penyajiannya, setelah menuang kecap dari botol khusus ke dalam mangkuk, penjual  langsung meletakkan kembali botol itu dipukulkan atau dihantamkan ke meja hingga menimbulkan bunyi ”dok”.

Tentu ini bisa menimbulkan kekagetan tersendiri bagi pembeli yang baru pertama kali menikmati soto ini. Ya, sensasi yang bisa menggebrak jantung Anda sebelum makan Soto Dok istimewa ini.

Di Jombang, soto ini mudah didapatkan. Mulai dari jejeran kios kaki lima, pujasera, hingga restoran menengah. Anda tinggal pilih hendak menikmati yang mana.

Siapa tahu, Traveler, setelah Anda menikmati dan mengalami memakan Soto Dok ini, tak hanya rasa yang Anda akan kejar. Namun sensasi suara “Dok!” yang akan menghantui rasa penasaran Anda, hingga Anda merasa perlu untuk berkeliling membandingkan ‘seni’ penjual meracik Soto Dok ini. Nah lho!

LEAVE A REPLY