Kenalkan, Wisata Alam Terbarunya Temanggung; Posong!

2
158
Posong dengan pemandangan 'Golden Sunrise'-nya serta panorama 7 puncak gunung yang akan terlihat setelahnya. (foto: agilmiftakhulrisat.wordpress.com)

Posong merupakan objek wisata alam terbaru di Kabupaten Temanggung. Penggunaan medsos yang gencar ‘memberi bantuan’ Posong untuk eksis lewat foto-foto yang kerap diunggah di berbagai media sosial hingga menjadi populer. Magnetnya adalah pemandangan indah di kaki Gunung Sindoro,  Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Apa saja yang ada di Posong? Meskipun kawasan wisata baru, menurut travel.detik.com, jangan disepelekan persembahan alamnya. Posong memiliki golden sunrise yang sangat menakjubkan. Bila Dieng memiliki Bukit Sikunir dan Magelang memiliki Gunung Andong, makaTemanggung memiliki Posong.

Golden sunrise sendiri merupakan spot yang paling banyak diburu traveler. Menurut tempatwisataseru.com, jika hendak menyaksikan golden sunrise, datanglah pukul 06.00 WIB. Bila beruntung, Anda akan mendapatkan samudera awan dan siangnya mendapat pemandangan bersih, bebas dari awan. Lalu pemandangan 7 puncak sekaligus yang menakjubkan akan Anda dapatkan. Puncak Merbabu, Merapi, Telomoyo, Ungaran, Muria, Sumbing, dan Sindoro. Keren!

Posong 3 - Kenalkan, Wisata Alam Terbarunya Temanggung; Posong!
Betapa seru bisa camping di Posong Temanggung ini. (foto: Aryo Wandirotomo/youtube)

Letak Posong tidak jauh dari Jembatan Gandul yang baru saja dirampungkan di 2016 kemarin. Menyuguhkan pemandangan alam yang terlihat di ketinggian., sehingga dari Posong dapat dilihat khas alam pegunungan yang memanjakan mata.

Berada di Padang Safana Kledung, yang merupakan belahan tengah-tengah antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing sehingga begitu nampak indah pabila dipandang dari kawasan wisata Posong Temanggung.

Posong juga membuka tempat berkemah, Traveler bisa menghubungi pihak pengelola setempat. Bukan hanya pagi dan Golden Sunrise, Posong mempersembahkan keindahannya. Saat malam hari milyaran bintang berada di atas persis kepala kita atau yang biasa disebut dengan Milky Way. Selain itu masih ada juga ‘watu mlongso’ yang merupakan medan sungai mati hasil bentukan erupsi Gunung Sindoro dan ‘watu kelir’.

Posong 2 - Kenalkan, Wisata Alam Terbarunya Temanggung; Posong!
Pemandangan indah bertubi-tubi yang disajikan Posong bagi wisatawan. (foto: filosofiwisata)

Perlu bagi Anda untuk berhati-hati saat mulai masuk dari loket pembayaran. Jalur yang terjal, berkontur batu dan sempit, membuat Traveler harus ekstra hati-hati. Tapi tak perlu  khawatir, dari awal masuk, Anda telah mendapati pemandangan alam yang sangat cantik. Selain perkebunan penduduk, Anda dapat melihat keindahan lekukan-lekukan tubuh Bumi ini.

Fasilitas penunjang Posong, menurut  teamtouring.net, dibangun oleh masyarakat sekitar dengan dana swadaya masyarakat. Fasilitas yang telah dibangun antara lain akses jalan berbatu, kamar mandi umum, musholla, rumah makan, area parkir, saung atau gasebo, dan rencananya akan dibangun rumah kecil semi permanen untuk disewakan buat wisatawan.

Nah, Traveler. Penasaran bukan? Datanglah, harga tiket sangat terjangkau lho!