Kekayaan Taman Nasional Kerinci Seblat, Konon Terbesar se-Sumatera

0
652
Ayo berpetualang! (foto: backpackerjakarta.com)

Penasaran dengan kekayaan Taman Nasional Kerinci Seblat? Apa saja sih hal menarik yang terkandung di dalam sebuah taman nasional terbesar se-Sumatera ini?

Traveler, Anda harus berpetualang ke tempat ini. Di dalam sana terdapat berbagai tempat wisata alam yang menawan, serta menyimpan aneka flora dan fauna langka.

Bisa Anda bayangkan, daratan terluas di Sumatera ini menyimpan berbagai jenis satwa liar yang dilindungi, serta beberapa macam ekosistem hutan dengan karakteristik berbeda.

Selain itu, banyak pula obyek wisata seperti air terjun, danau, rawa dan juga gunung yang bisa ditemukan pada kawasan taman nasional ini.

Mari menuju ke sini. (foto: www.tempat.co.id)

Apalagi menurut keterangan Wikipedia, taman nasional ini terdiri dari Pegunungan Bukit Barisan yang memiliki wilayah dataran tertinggi di Sumatera, Gunung Kerinci (3.805 m).

Taman nasional ini juga terdiri dari mata air-mata air panas, sungai-sungai beraliran deras, gua-gua, air terjun-air terjun dan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara, Gunung Tujuh.

Beragam flora dan fauna. Sekitar 4.000 spesies tumbuhan tumbuh di wilayah taman nasional termasuk bunga terbesar di dunia Rafflesia arnoldii, dan bunga tertinggi di dunia, Titan Arum ada di sini.

Sedangkan fauna di wilayah taman nasional terdiri antara lain Harimau Sumatera, Badak Sumatera, Gajah Sumatera, Macan Dahan, Tapir Melayu, Beruang Madu, dan sekitar 370 spesies burung.

Simpanan kekayaan yang luar biasa di Taman Nasional Kerinci Seblat ini adalah anugerah Pencipta yang mesti dijaga. (Foto: www.tempat.co.id)

Diterimanya Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera ke daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, membuat Taman Nasional Kerinci Seblat juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat terletak pada empat provinsi sekaligus yaitu Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan. Anda bisa mencapainya dengan banyak rute.

Oh, ya. Menurut  tempat.co.id, terdapat berbagai fasilitas bagi wisatawan di taman nasional ini. Semuanya dapat ditemui dan tersebar disekitar daerah yang menjadi pintu masuk ke lokasi taman nasional. Kantor, beberapa shelter, kamar mandi, pusat informasi, serta gardu pandang atau gardu pengamatan.

Selain itu, wisatawan juga bisa menemukan beberapa penginapan di sekitar pintu masuk Taman Nasional Kerinci Seblat. Ada berbagai pilihan hotel dengan harga terjangkau, juga homestay.

Traveler, Anda harus merasakan serunya berpetualang menyusuri taman nasional ini, atau mendaki Gunung Kerinci sambil memburu foto terbaik Anda. Andapun bakal mensyukuri kekayaan alam yang diberikan Pencipta demi memanjakan semua makhluk ciptaanNya. Keren kan?

LEAVE A REPLY