Kejuaraan Pencak Silat di Manado, Sport Tourism di Utara Sulawesi

0
231
foto: NU Online

Sebuah ajang olahraga akan digelar di Manado, Sulawesi Utara. Tentu saja, ajang ini erat kaitannya dengan budaya, prestasi, dan berpotensi memberi nilai tambah pada wisata lokal.

Kejuaraan Terbuka Pencak Silat ini digelar demi menjaring bibit-bibit atlet Sulut menuju Pra PON 2018 dan PON XX Tahun 2020 di Papua.

Demikian dikatakan Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, di Manado, lewat manado.antaranews.com, bahwa kejuaraan pencak silat ini diselenggarakan untuk menciptakan wahana sebagai ajang membangun prestasi bagi para atlet Pencak Silat Sulut.

“Semoga open turnamen pencak silat memperebutkan Piala Pangdam XIII/ Merdeka ini dapat menjaring bibit-bibit atlet Pencak Silat Sulut menuju Pra PON 2018 dan PON XX Tahun 2020 di Papua,” katanya.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito SE MM saat membuka turnamen Kejuaraan Pencak Silat piala Pangdam XIII/Merdeka di Manado. ( foto: inewscrime.com)

Ditambahkannya, para atlet pencak silat Sulut diharapkan dapat semakin terbiasa menghadapi berbagai turnamen, kejuaraan sehingga dapat berprestasi di setiap turnamen yang diikuti.

“Sekaligus mendorong minat generasi muda untuk berolahraga, serta menggairahkan semangat berkompetisi guna meningkatkan daya saing atlet-atlet Sulut dengan memperbanyak jam terbang bertanding,” katanya.

Kota yang terkenal dengan Taman Laut Bunaken ini dikunjungi 374 pesilat untuk ikut Kejuaraan Terbuka Pencak Silat memperebutkan Piala Pangdam XIII Merdeka di Manado, Sulawesi Utara(Sulut), gedung Grhadika Jaya Sakti, 12-14 Desember 2017.

Para pesilat ikut Kejuaraan Terbuka Pencak Silat memperebutkan Piala Pangdam XIII Merdeka di Manado. (foto: manado.tribunews.com)

Ratusan pesilat tersebut merupakan utusan 64 kontingen berasal antara lain dari Sulut, Gorontalo, Maluku Utara, Sulawesi Selatan.

Dalam berita manado.tribunews.com, daftar atlet yang ikut antara lain dari Kontingen Sulut 52 kontingen, Gorontalo delapan kontingen, Ternate satu kontingen, Sulawesi Selatan satu kontingen, Kalimantan Selatan satu kontingen, dan Jawa Timur satu kontingen.

Adapun kategori yang dipertandingkan yakni kategori tanding 15 kelas, dan kategori tunggal baku dua kelas. Untuk tim wasit dan juri terdiri atas 14 orang dari Sulut, empat orang dari Gorontalo, dan tiga orang dari Sulawesi Selatan.

Terdapat berbagai obyek wisata yang dapat menjadi destinasi peserta di penutup kejuaraan. Selain Pulau Bunaken, terdapat juga Danau Tondano, Air Terjun Kima, Pantai Malalayang, dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY