Keindahan Pantai Harlem dengan Nominasi Obyek Wisata Bersih Jayapura

0
216
Salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017, Pantai Harlem Jayapura sebagai Obyek Wisata Bersih Terpopuler. (foto: www.goodnewsfromindonesia.id)

Wow. Salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 adalah Pantai Harlem Jayapura sebagai Obyek Wisata Bersih Terpopuler. Hal ini membuktikan bahwa kekayaan wisata bahari di Jayapura mulai diperhitungkan sebagai destinasi wisata yang dikenalkan pada dunia.

Pantai Harlem adalah salah satu obyek wisata yang terletak di Kabupaten Jayapura, Papua, tepatnya di Kampung Tablanusu, Distrik Depapre. Perjalanan ke Harlem memakan waktu sekitar dua jam dengan jarak tempuh sekitar 60 kilometer, melalui jalan sulit dan berdebu.

Menurut Fabio ML Costa dalam travel.kompas.com, semua kekurangan itu terbayar dengan keindahan alam di sejumlah daerah yang kami lewati, seperti Waibron dan Moy. Warga setempat sangat ramah dan tak sungkan untuk mengucapkan selamat siang kepada wisatawan. Di pinggiran jalan, banyak warga menjajakan aneka buah-buahan segar, seperti rambutan dan duku.

Aktivitas penduduk lokal yang menjajakan makanan di tepi Pantai Harlem Jayapura. (foto: jurnal kucing laper)

Pantai Harlem, dalam utiket.com, memiliki pasir putih dan air laut sangat jernih dan bergradasi indah. Ombak di pantai ini pun tidak terlalu besar karena pantai ini merupakan wilayah teluk, sehingga cocok bagi pecinta snorkeling.

Terumbu karang, ikan laut dan biota laut lainnya dapat Anda saksikan saat snorkeling di Pantai Harlem. Tidak perlu snorkeling sampai ke tengah laut untuk melihat keindahan bawah laut Pantai Harlem ini. Beberapa meter dari bibir pantai pun sudah menawarkan snorkeling spot yang indah.

Memang, banyak orang mengatakan bahwa Pantai Harlem merupakan pantai tercantik di Jayapura. Namun letak pantai ini terpencil dan belum banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Jadi bila Anda  berkunjung ke pantai ini, akan terasa memiliki pantai pribadi karena belum tentu setiap harinya ada wisatawan yang berkunjung ke Pantai Harlem.

Harlem memiliki garis pantai sepanjang sekitar 700 meter. Suasana di tempat itu sangatlah teduh, disertai hembusan angin yang pelan. Terdapat banyak pohon kelapa, bintanggur, dan sagu yang tumbuh di tepi pantai.

Kebersihan Pantai Harlem juga sangat terjaga. Sangat jarang ditemukan sampah rumah tangga di tempat itu. Eva Sipos (32), seorang wisatawan asal Hongaria, mengatakan dalam travel.kompas.com, Harlem adalah salah satu destinasi wisata terbersih yang ditemuinya selama berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Indonesia.

Kebersihan Pantai Harlem yang sangat terjaga. (foto: vevnews.com)

Selain bersih dan masih sepi, Harlem juga memiliki sebuah kolam air tawar yang berjarak sekitar 7 meter dari bibir pantai. Di kolam yang berair sangat jernih itu terdapat beberapa jenis ikan. Berdasarkan penuturan warga sekitar, kolam itu terbentuk alami pada ratusan tahun lalu.

Ricky Bagre (30), warga yang menyewakan pondok, mengatakan, akses ke Harlem mulai ramai tahun 2000. Sebelumnya, 20 tahun lalu, belum ada satu pun warga dari luar Depapre yang tahu tempat ini. Selain lokasinya yang terpencil, jumlah kapal penyeberangan juga sangat minim.

Saat ini, tambah Ricky, Pantai Harlem mulai ramai dan selalu menjadi pilihan wisatawan dan warga Jayapura setiap akhir pekan. Sampah yang ditinggalkan wisatawan di pondok selalu dibersihkan. Intinya, seluruh warga kampung berkomitmen untuk menjaga citra Harlem sebagai tempat wisata yang meninggalkan kesan positif bagi pengunjung.

LEAVE A REPLY