Keindahan Mendalam Patung Sidharta di Vihara Buddha Mendut

0
517
Patung yang menampilkan Buddha dalam isis lian sebagai Sidharta (Foto herrysgallery.blogspot)

Dalam hari-hari seputar Perayaan Waisak di daerah kawasan wisata Borobudur, tentu akan ramai banyak para peziarah, baik dari umat Buddha sendiri maupun wisatawan yang ingin menyaksikan atau ikut serta dalam rangkaian ini. Acara biasanya digelar di kawasan Candi Borobudur dan sekitarnya termasuk di kawasan Vihara Buddha di Candi Mendut.

Maka, tak heran jika di seputar Borobudur senantiasa ramai, banyak wisatawan maupun umat Buddha yang menyambanginya. Tentu kemenenarikan event Hari Waisak ini tidak terlepas dengan Biara Buddha Mendut dan Candi Mendut itu sendiri, yang juga digunakan untuk penyemayaman api dharma Waisak.

Keunikan Patung Sidharta

Jika Anda mampir dan masuk di kawasan Vihara dan Biara Buddha Mendut (Buddhist Monastery), Anda akan menemukan banyak hal yang menarik, dari pohon bodhi, bunga sal atau canonball flower hingga keunikan Patung Sidharta yang berbeda dengan patung-patung lainnya. Patung Sidharta ini memang berbeda dengan patung lainnya, karena ingin menggambarkan ketika Sidharta Gautama sedang berpuasa dan menjalani mati raga di bawah pohon bodhi ini.

Konon menurut cerita, Patung Sidharta ini hanya terdapat di beberapa negara saja, dan jumlahnya terbatas. Konon patung ini hanya terdapat di Indonesia dan Thailand saja. Patung Sidharta ini termasuk unik karena tidak biasanya menggambarkan Sidharta yang sudah menjadi Buddha dan moksa, namun menggambarkan tubuhnya yang kurus kering hingga hanya tinggal tulang belulang saja.

Elok dan Spiritualitas yang Mendalam

Patung Sidharta ini ingin menggambarkan sebuah perjuangan Sidharta untuk mencapai kesucian yang mendalam dengan hidup bertapa dan menjalani uga hari yang begitu kuat. Sehingga patung ini memang tidak seperti biasanya, dengan gambaran keindahan seperti Buddha yang sedang tidur atau bersila, melainkan  digambarkan begitu kurus kering dengan wajah yang semedi dan diam dalam keheningan.

Wajah patung yang menggambarkan kedalaman batin (Foto retnoseptyorini-kompasiana)

Tentu Anda sulit menemukan jenis Patung Sidharta ini di tempat lain atau di Vihara-Vihara yang lainnya di Indonesia, karena patung ini hanya ada di Vihara dan Biara Buddha Mendut (Buddhist Monastery) yang terletak di Jalan Magelang, Sumberrejo, Mendut, Mungkid ini. Maka, jika Anda berkesempatan mampir di tempat ini, luangkan waktu Anda untuk melihat keindahan Patung Sidharta yang unik dan mempunyai keindahan yang mendalam tentang hidup yang uga hari untuk mencapai kesucian lahir dan batin.

LEAVE A REPLY