Kecantikan Pulau Beras Basah yang Akan Membuat Galau

0
489
Foto: services.halallifestyle.id

Traveler nampaknya anda akan jadi galau saat mengenal pulau cantik di Bontang, Kalimantan Timur, tepatnya di Selat Makassar ini. Tentu ialah, Pulau Beras Basah.

Pemandangan pasir putih dan air jernih kebiruan akan membuat Anda melupakan perjalanan panjang menuju ke sini.

Ada sebuah mercusuar tinggi yang menyongsong kedatangan anda. Kecantikan pulau ini tak hanya sebatas pasir putih dan panorama pantainya, alam bawah laut Pulau Beras Basah tak bisa diabaikan.

Ya, pulau cantik ini menawarkan keindahan bahari yang sangat memukau. Air lautnya sangat jernih, juga terlihat pemandangan dasar laut dengan ikan-ikan kecil yang sesekali melintas di antara karang-karang.

Cantik dan eksotis, panorama menakjubkan Pulau Beras Basah. (Foto: piknikasik.com)

Anda yang suka snorkeling ataupun menyelam, ini termasuk salah satu tempat tepatnya. Segarkan pikiran Traveler, dan tinggalkan sejenak persoalan yang menambah penat beban Anda.

Panorama Pantai Beras Basah masih sangat alami, sangat bersih dan bebas dari polusi. Menurut piknikasik.com, Anda bisa jumpai rerimbunan pohon bakau lengkap dengan ekosistem yang ada di dalamnya. Termasuk, pulau-pulau kecil belum berpenghuni yang ada di sekitar pantai.

Legenda Beras Basah

Nama Beras Basah diambil dari kata “Beras” dan “Basah” atau bisa ditafsirkan sebagai beras yang selalu basah.

Nama ini disematkan pulau kecil ini karena menurut cerita rakyat yang berkembang, pada jaman dahulu, ada kapal pengangkut bahan pangan, milik kesultanan Kutai yang berlayar dan tenggelam di Selat Makassar.

Kapal pengangkut beras itu karam, beras-beras muatan tenggelam ke dalam laut. Lama-kelamaan sebagian beras yang tidak tenggelam menjadi semacam gundukan.

Gundukan beras inilah yang kemudian diyakini sebagai cikal bakal warna pasir putih yang ada di pulau Beras Basah.

Pilihan transpotasi laut. (Foto: PiknikBontang.com)
Perjalanan Menuju Pantai Beras Basah

Untuk dapat mengunjungi pulau ini, dalam Wikipedia, terdapat beberapa akses yang semuanya berasal beberapa dermaga atau pelabuhan dari Kota Bontang.

Akses yang paling cepat adalah melalui dermaga Badak NGL dengan menggunakan speed-boat yang memakan waktu kurang lebih lima belas menit.

Akses alternatif melalui dermaga Tanjung Limau dan Tanjung Laut Kota Bontang dengan menggunakan kapal kecil bermesin yang memakan waktu kurang lebih satu jam.

Lamanya perjalanan akan terbayarkan saat Anda melihat sendiri keindahan Pulau Beras Basah.

Sedikit tips, Jangan lupa membawa bekal karena pulau ini masih alami dan tak berpenghuni. Untuk penginapan, Anda bisa menemukannya di kota Bontang.

LEAVE A REPLY