Ke Semarang, Jangan Lupa Mampir di Soto Ayam Pak Wito

0
97
Kesegaran sepiring soto Semarang dengan mangkuk yang khas.

Soto Ayam Pak Wito merupakan salah satu soto yang cukup dikenal sebagai sotonya orang Semarang. Saat ini, warung sotonya sudah mempunyai kurang lebih 9 cabang yang dibuka di beberapa sudut pelosok Kota Semarang. Warungnya yang paling tua awalnya berada di daerah Dargo, namun akhirnya pindah di Jalan Hasanudin Raya Semarang.

Maka, sebenarnya Soto Ayam Pak Wito dikenal juga sebagai Soto Dargo. Travel Today Indonesia berkesempatan mengunjungi warungnya yang berada di Jalan Kedung Mundu Raya No.17F, Sambiroto, Tembalang, Kota Semarang. Warung sotonya yang berada di Kedung Mundu ini memang dikenal sebagai warung soto yang berada di pinggiran kota untuk melayani perumahan sekitarnya.

Salah satu cabangnya yang berada di seputar Kedung Mundu Semarang.

Salah Satu Ikon Sotonya Semarang

Soto Ayam Pak Wito memang dikenal sebagai soto khas bercita rasa Semarangan. Penyajiannya yang gurih dengan kecenderungan asin, bercampur adonan dan taburan bawang goreng ini memang lekat dengan lidah orang Semarang. Apalagi, disajikan juga tempe keripik, bergedel dan sate ayam yang membuat Anda semakin berselera mencicipi kesegaran sotonya.

Walaupun Sotonya bukan satu-satunya Soto Semarangan, namun ikonnya telah lama menjadi kuliner khas Semarang selain Soto Bangkong, Soto Pak Man, Soto Pak Bambang dan Soto Pak Wuri. Harganya juga terbilang rata-rata, artinya bukanlah yang paling murah dan paling mahal. Harga per porsinya sekitar Rp. 12.000 hingga Rp. 15.000, tergantung porsinya. Anda pun dapat memesan dengan porsis separuh yang harganya berkisar Rp. 10.000.

Pikulan soto yang khas, di soto-soto Semarangan.

Mangkuk sotonya juga khas model penyajian soto Semarangan dengan mangkuk kecil separuh lingkaran dan berhias motif. Sebagai soto Semarangan, Soto Ayam Pak Wito mempunyai sajian bumbu yang cukup sederhana namun memikat. Setiap sepiring sotonya tersaji adonan bawang merah, bawang putih, sidikit kunyit, aroma jahe, pala, lada, dan rasa garam. Maka, jika Anda ke Semarang, mampirlah sejenak, cicipi kesegaran kesegaran Soto Ayam Pak Wito ini.

LEAVE A REPLY