Kampung Tablanusu Berselimut Koral, ‘Hidden Paradise’ Indonesia Timur

0
412
Terdapat pantai indah dengan koralnya. (Foto: mutiarakerikil.blogspot.co.id)

Papua, Traveler. Indonesia Timur yang sarat dengan destinasi wisata ‘hidden paradise’. Seperti juga yang satu ini, Kampung Tablanusu dengan koralnya yang cantik.

Kampung ini terletak di distrik Depapre, Kabupaten Jayapura. Tablanusu adalah kampung nelayan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura sebagai desa wisata.

Kata ‘Tablanusu’ sendiri, dalam pedomanwisata.com, diambil dari 2 kata menyatu, Tepara yang berarti salah satu suku asli yang ada di sana dan Onusu yang berarti terbenamnya matahari.

Kampung yang sangat rapi dan nyaman. (Foto: www.merdeka.com)

Lokasi ini merupakan salah satu tujuan favorit di Papua dan selalu ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan pada akhir pekan.

Alamnya yang damai, lokasi yang nyaman, pemandangan indah dengan air jernih dan ombak yang tenang, dan juga keramahan masyarakat setempat akan menyambut Anda begitu Anda berada di Desa Tablanusu.

Kampung ‘Batu Menangis’

Seperti dilansir merdeka.com, Kampung Tablanusu begitu unik, alami, asri, eksotis dan ramah. Begitulah kesan wisatawan ketika datang berkunjung ke kampung wisata ini. Salah satu yang menjadi keunikan di kampung ini adalah batu koral.

Bila pada umumnya desa nelayan akrab dengan hamparan pasir, sebagian besar wilayah Kampung Wisata Tablanusu justru diselimuti batu koral hitam.

Injaklah, maka terdengarlah suara batu menangis. (Foto:www.pedomanwisata.com)

Ke arah mana saja pandangan dilayangkan, hanya hamparan batu alam mengkilap yang terlihat. Begitu juga, ke mana pun kaki dilangkahkan, suara batu koral yang terinjak senantiasa terdengar.

Nah, berhubung gesekan batu koral yang terinjak ini menyerupai isak tangis, kampung nelayan ini pun kemudian dijuluki dengan nama kampung ‘Batu Menangis’. Batu-batu koral itu juga dapat digunakan sebagai tempat pijat refleksi alami.

Kampung ini berada di teluk yang di kelilingi bukit dan hutan yang lebat. Di kampung ini juga ada danau dengan air jernih yang kaya ikan. Wow!

‘Paket Wisata’ yang Lengkap

Traveler, di sini tempat yang lengkap untuk menikmati perjalanan wisata anda bersama rombongan. Peminat wisata sejarah? Pencinta alam dan lingkungan? Wisata spiritual? Apa lagi? Semua ada di sini.

Sisa-sisa peninggalan tentara sekutu pada Perang Dunia II dapat Anda lihat. Pesona Danau Dukumbo yang masih alami. Di dalam hutan, wisatawan dapat melihat berbagai jenis tumbuhan dan mendengarkan aneka kicauan burung. Pantai Tablanusu juga oke!

Ya, memang keunikan lain Kampung Tablanusu adalah tersedianya berbagai jenis objek wisata dalam satu tempat. Hal ini tentunya memberi ruang kepada para wisatawan untuk memilih jenis rekreasi yang sesuai dengan keinginannya di desa ini.

Anak Tablanusu, bermain dan mencari ikan. (Foto: www.indonesiakaya.com)

Menuju Kampung Tablanusu

Lokasi kampung Tablanusu bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam dari Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura menuju Dermaga Depapre. Hanya saja akses jalan darat menuju lokasi sangat terjal. Hal ini disebabkan proses aspal dan pengecoran jalan belum sepenuhnya rampung.

Di Kampung Wisata Tablanusu terdapat berbagai fasilitas, seperti pemandu wisata, gereja, persewaan perahu, pasar ikan, dan warung yang menyediakan aneka makanan, minuman, dan souvenir khas masyarakat setempat.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, di sini tersedia sebuah penginapan ‘Suwae Resort’ yang terdiri dari atau menyewa rumah penduduk setempat (homestay).

LEAVE A REPLY