Kampung Biru Malang, Unik dan Sedap Dipandang Mata

0
488
Hamparan Kampung Biru Arema di sore hari (Foto travelingyuk.com)

Kampung Biru yang terletak di Kidul Dalem, Klojen, Malang, Jawa Timur,  merupakan salah satu kampung yang unik, karena semua rumah warga di tempat itu bercat biru, baik dari atapnya hingga sudut-sudut temboknya. Hal ini tentu, mengundang banyak orang untuk sekadar mampir atas rasa penasarannya.

Jika biasanya, Anda selalu menemui kampung pelangi, seperti yang ada di beberapa kota, namun di tempat ini, Anda akan menemui semua rumah bercat biru. Cat biru tersebut dipilih, karena kampung ini ingin mengangkat Kota Malang yang mempunyai klub sepakbolanya, Arema yang memang sudah ikonik dengan seragam birunya. Dan, tentu, kampung ini akan terlihat seperti layaknya Kota Biru di Chefchaouen, Maroko.

Menciptakan Kampung Wisata Tematis

Dalam laman merdeka.com, seperti apa yang pernah diungkap oleh Diah Ayu Kusumadewi, bahwa Kampung Biru ini dibuat tidak hanya untuk mempercantik pemukiman di bantaran sungai, melainkan juga memberikan bentuk semangat gotong royong dan sebuah ikon bagi perpustakaan sejarah kota.

Salah satu sudut di dalam kampungnya (Foto bp.blogspot.com)

Kampung Biru ini telah menghabiskan kurang lebih 15 ton cat dengan dana sekitar Rp 1,5 miliar. Areanya meliputi kawasan hunian yang dihuni sekitar 282 Kepala Keluarga dengan dihias dan dimodifikasi begitu rupa agar indah dan dapat menjadi kampung wisata. Maka, tidak hanya tembok dan atap rumah, melainkan juga sudut kampung yang dihiasi begitu rupa agar sedap di pandang mata.

Kampung Wisata Kota

Konon untuk merealisasikan Kampung Biru ini, Pemkot Kota Malang juga menggandeng perusahaan cat ternama di tanah air untuk membantu pengerjaannya. Lokasinya memang ditujukkan untuk menjadikan kampung-kampung yang berada di bantaran Kali Brantas, sebagai kampung wisata kota, karena kampung ini juga berseberangan dengan Kampung Warna-Warni.

Wisata kampung tematis (Foto http://sinarharapan.net)

Saat ini, Kampung Biru yang disebut dan dikenal sebagai kampung Arema telah berkembang dan ramai dikunjungi wisatawan yang tertarik dan penasaran untuk ber foto ria. Lokasi yang berdekatan juga dengan Kampung Warna-Warni ini, membuatnya semakin dikenal sebagai salah satu kunjungan setelah biasannya orang mengunjungi Kampung Warna Warni.

LEAVE A REPLY