Kampung Bekelir, Kesuksesan Pasar Destinasi Digital yang Diserbu Pengunjung

0
284
Foto: Kemenpar/Facebook

Kampung Bekelir diserbu pengunjung. Pasar Destinasi Digital ini nampaknya memperlihatkan kesuksesannya lewat animo masyarakat yang luar biasa.

Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Kota Tangerang dan GenPI Banten, sukses menggelar kegiatan Soft Launching Pasar Kampung Bekelir.

Adapun menurut Metaonline, pasar destinasi ini terletak di RW 01, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Acaranya sendiri digelar pada Minggu (11/2/18) mulai pukul 06.00 WIB.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan, Kampung Bekelir merupakan lokasi percontohan untuk pengembangan wisata di Kota Tangerang.

Foto: www.housing-estate.com

Penataan yang dilakukan sangat didukung, terutama untuk mengubah pola hidup masyarakat menjadi lebih bersih dan sehat.

“Tidak semua daerah punya lokasi seperti ini. Ke depan kita akan memperbanyak kawasan yang layak dikunjungi dengan ciri khas daerah masing-masing,” kata Arief.

Upaya Menarik Wisatawan dan Meningkatkan Kemandirian Warga

Pasar Destinasi Digital yang digagas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Kota Tangerang dan Genpi Banten tersebut menurut Walikota, juga dinilai perlu dilakukan sesering mungkin.

Upaya memperkenalkan dan mengajak wisatawan ke Kota Tangerang dapat dilakukan berbagai cara.

Lanjut dia, kegiatan semacam ini juga akan berimbas pada meningkatnya jumlah kunjungan dan meningkatkan kemandirian masyarakat.

Foto: bianglala.net

“Makanan di sini banyak pilihan, dan enak-enak. Kami menawarkan kepada masyarakat Indonesia atau bahkan dunia untuk datang dan mencobanya sendiri di sini,” ungkap Walikota.

Walikota juga menyempatkan untuk berkeliling melihat perubahan yang terjadi di lingkungan masyarakat Babakan.

Sementara Lurah Babakan Abu Sofiyan mengungkapkan, tempat ini merupakan upaya untuk meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakatnya. Sehingga, warga jadi lebih mandiri melalui beragam bidang usaha yang dijalankan.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Genpi Kota Tangerang dan Genpi Banten atas upaya ini. Semoga kegiatan semacam ini dapat dicontoh warga dan dilakukan secara berkala,” katanya.

Ragam Acara

Koordinator GenPi Kota Tangerang Korry El-Yana mengatakan, soft lounching diramaikan berbagai komunitas yang tergabung dalam Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Dinas Kominfo Kota Tangerang.

Foto: Kemenpar/Facebook

“Ada komunitas reptil, komunitas sepeda onthel, komunitas beatbox, stand up comedy dan komunitas lainnya. Komunitas hijab syar’i bahkan mau bagi-bagi jilbab gratis,” kata Korry.

“Di Kampung Bekelir banyak spot foto yang Instagramable. Kita juga ada lomba foto dan video dengan hadiah yang menarik,” ungkap Korry.

Pasar Kampung Bekelir dibuka untuk meningkatkan kunjungan ke Kampung Bekelir. Kegiatan ini juga diharap dapat memberdayakan warga Kampung Bekelir untuk berwirausaha.

Dengan begitu, peningkatan ekonomi masyarakat di sana juga dapat cepat terjadi.

Produk yang ditawarkan seperti Nasi Ulam Khas Kota Tangerang, Nasi Uduk Kampung Bekelir, Nasi Kuning Kampung Bekelir, Ketupat Sayur Kerongkongan, Emping Jengkol, Sate Godok, Sate Maranggi, aneka makanan tradisional, hingga Souvenir Kampung Bekelir.

LEAVE A REPLY