Juventus Stadium Akan Menguji Barcelona

0
600
Atmosfer seperti ini yang akan dihadapi oleh Barcelona saat bertandang ke Juventus Stadium pada perempatfinal Liga Champions UEFA 2016/17. (Foto: imgur.com)

Liga Champions UEFA 2016/17 memasuki babak perempatfinal. Salah satu partai yang layak dicermati adalah Juventus melawan Barcelona di Juventus Stadium, Turin pada 12 April nanti.

Puluhan ribu orang akan memenuhi stadion berkapasitas 41.000 tempat duduk tersebut. Tetapi puluhan atau bahkan ratusan ribu lainnya akan berada di sekitar stadion yang dimiliki salah satu klub sepak bola tersukses di Italia itu. Para pendukung Juventus dan Barcelona yang tidak kebagian tiket akan memadati kafe-kafe yang mengadakan nonton bareng.

Kota Turin akan sibuk beberapa hari menjelang pertandingan. Selain menyiapkan pelaksanaan pertandingan sesuai standar UEFA, kota tersebut akan disibukkan pula oleh para suporter dari kedua tim yang akan menonton pertandingan. Salah satu yang paling sibuk tentu saja bisnis penginapan dan yang terkait dengan pariwisata.

Pendukung tim tuan rumah tidak hanya berasal dari Turin. Klub berskala global itu telah memiliki jutaan pendukung dari seluruh penjuru dunia. Ada banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang agar bisa mendapatkan tiket pertandingan dan akomodasi selama berada di Turin. Begitulah kenyataannya.

Pendukung Barcelona pun begitu. Bisa jadi banyak diantara mereka yang telah mendapatkan hak untuk menonton langsung di dalam stadion. Sangat mungkin pula mereka bukan berasal dari Barcelona tetapi justru dari negara Eropa lainnya bahkan lintas benua.

Kehadiran mereka tentu saja dipengaruhi oleh nuansa pertandingan itu sendiri. Juventus yang tidak terkalahkan saat menjamu Barcelona di kandangnya tentu masih ingat dengan kekalahan di Final Liga Champions UEFA 2015 lalu. La Vecchia Signora takluk 1-3 dan harus rela menyaksikan Blaugrana meraih trofi kelima mereka.

Selain faktor tersebut, keinginan banyak orang untuk menonton langsung di dalam Juventus Stadium yang megah pun tak terelakkan. Apalagi, sejarah mencatat bahwa Juventus lah klub sepak bola profesional pertama di Italia yang memiliki stadion sendiri.

Sejarah dan kebanggaan Juventus bisa dirasakan saat berada di dalam J Museum yang terletak di Juventus Stadium. (Foto: LaPresse – Daniele Badolato / juventus.com)

Juventus Stadium dibangun di atas lahan bekas Delle Alpi Stadium yang legendaris. Setelah direncanakan pada tahun 2006, pembangunan baru dimulai pada 2008 dan selesai pada 2011. Biaya yang diperlukan sebesar 100 juta euro.

Keberadaan Juventus Stadium ini membawa berkah bagi klub. Tahun lalu Juventus masuk dalam daftar 10 besar klub yang memiliki penghasilan tertinggi. Sebuah langkah hebat yang menuai hasil besar.

Tak hanya tiket pertandingan yang menjadi pemasukan bagi Juventus. Pihak klub pun mengadakan program tur stadion bagi pendukung mereka. Sejak tahun 2012 lalu, Juventus telah membuka Juventus Museum atau yang lebih dikenal dengan J Museum sebagai tempat segala pencapaian dan sejarah klub didokumentasikan dan diperlihatkan dengan baik. (jp)

LEAVE A REPLY