Jukut Kalimantan, Kuliner Fermentasi Asam Pedas Unik

0
478
Jukut Kalimantan yang unik rasanya.

Jukut Kalimantan adalah makanan khas yang memang unik. Jukut Kalimantan dikenal juga dengan istilah pekasam. Makanan jukut ini memang bagi yang belum terbiasa terasa aneh, karena rasanya sangat asam. Jukut biasanya diolah dan dihasilkan dari fermentasi ikan tawar. Namun juga ada, jukut yang dicampur dengan olahan daging babi.

Jukut atau pakasam memang dikenal berasal dari Kalimantan Selatan. Namun di berbagai kota-kota di belahan Borneo ini, jukut sudah menjadi kuliner ikonik yang biasanya menjadi santapan makanan umum. Biasanya, jukut menjadi penyedap rasa ketika dimakan dengan  nasi putih hangat yang lezat.

Selain Jukut Ikan, Ada Juga Jukut Daging Babi

Jukut atau pakasam ini memang berbahan dasar ikan yang telah diasinkan. Biasanya, prosesnya membutuhkan waktu beberapa hari, bahkan bulan untuk menghasilkan fermetasi yang sedap. Memang tidak semua orang doyan dengan makanan unik ini, apalagi makanan jukut ini dihasilkan dari proses “pembusukan.”

Namun bagi masyarakat Dayak, jukut atau pakasam ini menjadi makanan yang lezat. Apalagi, ketika diolah dengan daging babi. Jukut dengan olahan daging babi dikenal enak, karena rasa daging babi menjadi unik dengan rasa asam pedas yang menyengat. Kuliner ini memang sering dibuat menjadi salah satu makanan khas olahan yang melalui proses fermentasi garam.

Jukut dengan olahan daging babi yang termasuk favorit.

Biasanya jukut diolah dengan garam yang juga dicampur dengan taburan beras ketan. Memang jukut atau pakasam yang banyak diolah dan disajikan adalah jukut ikan tawar. Namun jika Anda mengunjungi beberapa pelosok desa, maka Anda pun kadang dapat menemui jukut olahan daging babi yang lezat. Sajian jukut daging babi ini biasanya dihadirkan ketika ada pesta-pesta kecil desa .

LEAVE A REPLY