Jokowi Island, Pulau Baru Kabupaten Selayar Karena Kepedulian Presiden

0
21
Foto: blast.portalsatu.com

Traveler, atas kepedulian Presiden dan upaya keras Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang berhasil manis, maka Pemerintah Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), memberi nama spesial pada salah satu pulau di sebelah selatan Sulawesi; Jokowi Island.

Ya, inipun dapat menjadi strategi unik untuk menggaet wisatawan. Sebab Presiden Joko Widodo telah menjadikan pariwisata sebagai sektor prioritas dan core economy Indonesia.

“Ini adalah bentuk apresiasi kami, apresiasi masyarakat, dengan memberikan nama Jokowi Island untuk sebuah pulau di wilayah kami. Bukan sekadar penghargaan, pemberian nama itu juga untuk menarik perhatian wisatawan,” ujar Bupati Kepulauan Selayar, Basli Ali seperti dilansir CNN.

Kesadaran Pariwisata

Basli mengatakan, pemberian nama unik ini dilakukan karena pihaknya juga sadar bahwa pariwisata menjadi salah satu andalan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Berbagai hasil manis telah diraih berkat perhatian Presiden Jokowi  bersama  Kemenpar. Mulai dari sederet penghargaan wisata internasional hingga lahirnya beragam gebrakan wisata menarik.

Jokowi Island di Kepulauan selayar. Pariwisata meningkat di surga tersembunyi ini. (Foto: services.gardanasional.id)

Pemerintah melalui Kemenpar memang telah menetapkan Kepulauan Selayar sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Lahan seluas 500 hektare sudah disiapkan dan pemerintah telah menjamin pembangunan infrastruktur senilai Rp 9 triliun, lengkap dengan berbagai kemudahan untuk investor.

Ditegaskan Basli, dipastikan akan banyak objek wisata yang ditawarkan oleh Jokowi Island. Wisata Selayar memiliki cukup banyak pulau cantik dengan pesona alam yang indah.

Jokowi Island Dapat Menambah Jumlah Wisatawan

130 Pulau masih belum terjamah dan memiliki nama. Dengan adanya Jokowi Island, diharapkan dapat menambah jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Selayar.

Foto: Urbanations/Facebook

“Kepulauan Selayar memang indah. Indonesia juga punya tempat wisata kelas dunia selain Raja Ampat. Kami juga mendapat dukungan dari Kemenpar. Tahun depan akan digelar event besar, Sail Takabonerate 2019. Nanti juga bisa mampir ke Taman Nasional Takabonerate yang memiliki keindahan alam bawah laut,” ujarnya.

Berbagai persiapan sudah dilakukan. Salah satunya menggandeng konsorsium yang akan membantu pembangunan hotel berbintang lima dan jaringan telekomunikasi kabel bawah laut.

“Kami telah menggelar pertemuan dengan konsorsium dan mereka siap membantu mempercepat berbagai fasilitas yang dibutuhkan. Selain untuk mendukung pariwisata, kami juga akan membangun cold storage untuk perikanan karena potensi kami tak kalah besarnya,” jelasnya.
Ya,  Pulau Selayar bakal jadi wisata swa energi pertama di Indonesia karena Konsorsium Awing Group-Bintang Group bersama Scatec Solar dari Norwegia akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Selayar, Sulawesi Selatan, sebesar 3 MW.

Wow!

LEAVE A REPLY