‘Jaran Goyang’ Hebohkan Berlin di Pameran Pariwisata Terbesar Dunia

0
526
Foto: Don Kardono/Facebook

Ya, lagu dangdut ‘Jaran Goyang’ turut hebohkan Paviliun Indonesia dalam ajang pameran pariwisata yang terbesar di dunia; Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin 2018.

Ya, pengunjung turut berjoget bersama None dan Abang Jakarta, Karina Syahna dan Ibnu Azhar, di Berlin Messe, Jerman, Sabtu (10/3) lalu.

“Senang dan bangga melihat banyak masyarakat Jerman yang ikut berjoget,” ujar Karina Syahna kepada ANTARA News, menanggapi antusiasme pengunjung saat berkumandangnya lagu “Jaran Goyang” ciptaan Andi Bendol dan dipopulerkan Nella Kharisma.

Kehangatan suasana nampak. (Foto: Don Kardono/Facebook)

Kesenian Betawi Ditampilkan

Dinas Pariwisata & Kebudayaan Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta selain mengajak Abang dan None Jakarta di ajang pertemuan para industri pariwisata di seluruh dunia itu, juga mempromosikan obyek wisata di kota yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta olahraga Asian Games 2018.

Hari keempat pameran pariwisata ITB Berlin dikhususkan untuk umum, setelah selama tiga hari para pelaku industri pariwisata di seluruh dunia melakukan pertemuan bisnis. Ajang dunia itu memang berlangsung pada 7 hingga 11 Maret 2018 lalu.

Pemprov DKI Jakarta juga menampilkan kesenian Betawi dengan tarian Tepak Hong, Topeng Demplon, Nandak Condet dan Topeng Angguk yang merupakan tarian kreasi baru Betawi yang diangkat dari kehidupan sehari-hari masyarakat Betawi masa lalu hingga kini yang sangat dinamis.

Bagian dari acara pameran pariwisata, keunikan yang menjadi bagian Wonderful Indonesia. (Foto: Don Kardono/Facebook)

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran, Hari Wibowo, mengatakan bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta kembali berpartisipasi dalam event ITB Berlin selain mempromosikan obyek wisata di ibukota juga menampilkan kesenian Betawi.

Dangdut Hangatkan Suasana Pameran

Musik dangdut yang dinamis itu memang mampu menghangatkan suasanya. Bule-bule Berlin yang awalnya ‘jaim’, hanya memotret dan merekam, lama-lama ikut bergoyang.

Meski tak paham isi nyanyiannya, namun hentakan musik dangdut dan gendang yang membahana di Paviliun Wonderful Indonesia nampaknya mampu membangkitkan antusiasme pengunjung.

Para penari pun tak kalah memukau. Mereka menjadi pusat perhatian seisi ruangan dengan lampu sorot yang tajam. Ya, suasananya jadi semakin semarak. Atribut-atribut kebudayaan Indonesia yang unik menimbulkan rasa penasaran para pengunjung.

Lagu ‘Jaran Goyang’ memang asoy….

Apa salah dan dosaku, sayang
Cinta suciku kau buang-buang
Lihat jurus yang kan ku berikan
Jaran goyang, jaran goyang

 

BacaWah, Phinisi Wonderful Indonesia Berlayar Lagi di ITB Berlin 2018

LEAVE A REPLY