Ini Dia, 6 Habitat Rafflesia Arnoldii yang Bisa Dikunjungi Wisatawan

0
612
Foto: gdb.voanews.com

Padma Raksasa dengan nama latin Rafflesia Arnoldii ini telah 25 tahun menjadi ikon Bunga Nasional Indonesia. Bunga asli Indonesia dan terbesar di dunia ini tergolong langka. Tak semua orang pernah melihatnya secara langsung selama hidup.

Traveler dapat menjumpainya di beberapa tempat tumbuhnya. Tapi hati-hati jangan sampai dirusak dan bantulah menjaganya agar tetap lestari.

Ini dia, 6 tempat yang bisa membuat Traveler berjumpa Rafflesia Arnoldii, seperti yang dirangkum Kompas Travel:

1. Kebun Raya Bogor (KRB)

Padma Raksasa nampak mekar di Kebun Raya Bogor. (foto: images.detik.com)

Kebun Raya Bogor (KRB) yang terletak di Jalan Ir H Juanda, punya koleksi beberapa bunga rafflesia, termasuk Rafflesia arnoldii, dan Rafflesia padma.

Tiga jenis Rafflesia yang ada di KRB ialah Rafflesia patma yang merupakan endemik Jawa Barat, Rafflesia arnoldii endemik Sumatera, dan Rafflesia rochussenii yang banyak ditemukan di Jawa dan Sumatera.

Apabila Anda mendengar ada bunga bangkai yang juga tumbuh mekar di KRB, itu bukanlah bunga Rafflesia. Bunga bangkai merupakan jenis yang berbeda.

Bunga Rafflesia terakhir mekar di KRB pada 2 Juni 2010. Sebelumnya, pada zaman kolonial terakhir tumbuh pada tahun 1929. Wah, lama sekali bukan?

2. Kebun Raya Cibodas, Cianjur

Kebun Raya Cianjur (KRC) juga punya koleksi puspa- puspa langka Indonesia, termasuk jenis Rafflesia rochussenii. Bunga ini pernah mekar di KRC terakhir pada 1 Juli 2011.

3. Bengkulu

Di Bengkulu, buka terbesar di dunia ini beberapa kali dapat tumbuh mekar. (foto: asset.kompas.com)

Hutan Bengkulu merupakan salah satu habitat asli Rafflesia ini, terutama jenis Rafflesia arnodii. Keberadaannya di Bengkulu tak hanya di satu tempat, hingga kota ini dijuluki Bumi Rafflesia.

Untuk melihat keindahan bunga ini Anda perlu sedikit menjauh dari Kota Bengkulu karena terletaknya di Kabupaten Kepahiang, tepatnya di Liku 9, Hutan Lindung Taba Penanjung.

Selain itu, bunga Rafflesia arnoldii juga bisa ditemukan di kawasan Hutan Lindung Boven Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, yang berjarak 60 kilometer dari Kota Bengkulu. Di sini terkenal dengan jenis Rafflesia gadutensis.

Meski terdapat juga di hutan-hutan Jambi, Garut, dan Pangandaran, tetapi bunga Rafflesia arnoldii amat sering tumbuh di Bengkulu. Bunga Rafflesia arnoldii sendiri dijadikan obyek wisata oleh pemerintah maupun warga setempat.

4. Taman Nasional Gunu Leuser (TNGL)

Taman nasional ini yang terletak di Provinsi Sumatra Utara dan Provinsi Daerah Istimewa Aceh. Taman Nasional ini terdapat beberapa flora dan fauna salah satunya flora langka Rafflesia arnoldii.

5. Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)

Tim lapangan bersama bunga Raflesia. (Foto: WWF Indonesia)

Taman nasional ini terletak membentang di empat provinsi yaitu Provinsi Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Jambi dan Bengkulu. Flora langka yang jadi kebanggan taman nasional ini juga ialah Rafflesia arnoldii.

6. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan membentang dari ujung selatan Provinsi Bengkulu sampai ujung selatan Provinsi Lampung. Rafflesia arnoldii termasuk yang sempat tumbuh beberapa kali di taman nasional ini.

Beberapa tempat di Jawa Barat juga merupakan habitat tumbuhnya Rafflesia ini. Namun, kelangsungannya tidak diketahui, atau pernah tumbuh tetapi hanya sesekali dan tidak dikembang biakan seperti di kebun raya.

LEAVE A REPLY