Ini Dia, 3 Spot Diving Untuk Pemula di Raja Ampat!

0
170
Raja Ampat yang mempesona kedalaman lautnya. (Foto: www.papuaexplorers.com)

Melihat wisatawan asyik melakukan diving di Raja Ampat, tentu nampak sangat mengasyikkan dan ingin langsung ikut  menceburkan diri bukan? Bagi pemula, tentu tak semua kedalaman laut dapat Anda jelajahi.

Keindahan bawah laut Raja Ampat telah diakui dunia. Tahun lalu, pulau ini berhasil menyaingi Kepulauan Galapagos di Amerika Serikat menjadi destinasi terbaik kelas internasional, bersanding dengan Kepulauan Komodo di Flores.

Nah, bila Anda penyelam pemula dan ingin diving di Raja Ampat, Managing Director Gurara Dive Resort Raja Ampat Handerson Chandra, dalam Tempo,  merekomendasikan tiga titik berikut ini lho;

1. Friwen Wall

Friwen Wall yang tenang. (Foto: photos.smugmug.com)

Friwen Wall adalah perairan dangkal di dekat Pulau Friwen. Perairan ini menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk penyelam pemula karena keadaan lautnya sangat tenang. “Tidak ada arus di sana,” kata Handerson.

Kedalaman perairan Friwen Wall juga dianggap tak begitu ekstrem, kira-kira 10-20 meter. Meski begitu, penyelam tetap bisa menyaksikan macam-macam jenis terumbu karang dan spesies ikan. Sekitar 70 persen spesies ikan dunia ada di sini.

Ikan ikonik yang ditemukan di Friwen adalah wheel shark atau hiu yang hidup di dasar laut. Selain tersaji alam bawah laut yang indah, Pulau Friwen memiliki daratan dengan pantai pasir putih yang terkenal.

2. Batu Lima

Selain dikenal dengan sebutan pulau tak berpenghuni, Batu Lima santer terdengar sebagai tujuan utama para penyelam pemula. Di lokasi ini banyak terdapat batu karang dengan ukuran besar, sehingga arus yang pasang akan tertahan oleh karang-karang tersebut.

Kedalaman lautnya pun tergolong dangkal. Bila diukur, dasarnya hanya mencapai 10 meter. Lokasi penyelaman dari pulau juga tak terlalu jauh. “Penyelam bisa langsung nyemplung dari daratan pulau itu,” kata Handerson.

Di dasar laut Batu Lima yang dangkal, penyelam bisa menyaksikan karang ungu, terumbu karang cambuk hitam, dan hiu sirip hitam saat diving.

3. Mioskon

Sekelompok kakap kuning di Mioskon. (Foto: www.diveplanit.com)

Mioskon berada di sisi utara Selat Dampier, di antara pulau besar Gam dan Waigeo. Sama seperti Friwen Wall, perairan Mioskon terkenal sangat tenang.

Kedalaman airnya tak lebih dari 25 meter. Tipografi bawah laut perairan ini datar dan berpasir. Hal ini membuat Mioskon kerap direkomendasikan untuk penyelam pemula.

Adapun keadaan bawah laut Mioskon seperti hamparan lukisan alam. Karang-karang lunak hidup bebas dan jutaan jenis ikan berseliweran. Misalnya sekelompok kakap kuning.

 

 

LEAVE A REPLY