Ini 7 Kota Paling Mahal di Indonesia, Traveler Perlu Tahu Sebelum ke Sana

0
284
Pantai Salamandaha, Ternate, Maluku Utara. (foto: phinemo.com/gambarwisata)

Tahun 2018 baru saja kita sambut. Namun tidak ada salahnya untuk mengingat statistik penting di 2017 yang bisa jadi berkaitan dengan rencana perjalanan traveler, yaitu tentang kota paling mahal di Indonesia.

Salah satunya adalah tingkat biaya hidup di suatu kota. Tanpa mengesampingkan bagaimana tingkat kehidupan masyarakat setempat, hal ini akan mempengaruhi traveler jika hendak menginjakkan kaki di kota tersebut. Semakin tinggi biaya hidup di suatu kota, semakin tinggi pula uang yang harus dikeluarkan untuk traveling, bukan?

Biro Pusat Statistik (BPS) sebagai badan statistik pemerintah telah mengumumkan sejumlah kota dengan biaya hidup tertinggi di Indonesia. Nah, Travel Today Indonesia hendak menampilkan 7 kota berbiaya hidup tertinggi di Indonesia:

7. Banda Aceh

Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh dalam suasana yang lain. (foto: teguhdh.wordpress.com)

Banda Aceh menjadi kota dengan biaya hidup tertinggi ketujuh di Indonesia tahun 2017. Hasil survei dan kajian BPS menunjukkan bahwa biaya hidup di ibu kota Provinsi Aceh itu berkisar Rp6.100.000 per bulan.

Jangan lewatkan: Bagaimana Sih Konsep Wisata Halal di Banda Aceh?

Banda Aceh memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik. Selain Museum Tsunami dan sejumlah situs bencana tsunami yang masih diabadikan, Masjid Raya Baiturrahman juga menjadi destinasi wisata religi yang banyak dikunjungi.

6. Manokwari

Pantai di Manokwari, Papua Barat. (foto: Arman Setiawan/Fotokita.net)

Manokwari adalah ibu kota Provinsi Papua Barat. Kota ini begitu kaya akan destinasi wisata dengan anugerah keindahan alamnya yang penuh pesona. Danau Anggi Gita dan Danau Anggi Giji menjadi ikon wisata kota ini.

Selain itu, traveler mengunjungi Hutan Gunung Meja untuk menikmati udara segar. Jika suka wisata pantai, pergilah ke Pantai Maruni dan memancing ikan laut di sana.

Biaya hidup per bulan di Manokwari berkisar Rp6.200.000 menurut survei BPS tahun 2017. Angka ini menjadikan Manokwari sebagai kota paling mahal keenam di Indonesia.

5. Batam

Jembatan Barelang di Batam. (foto: batamnews.co.id)

Kedekatan geografis Batam dengan Singapura ternyata ikut mempengaruhi tingginya biaya hidup di sana. BPS mengungkapkan biaya hidup di Batam sebesar Rp6.300.000 per bulannya.

Batam termasuk bagian dari Provinsi Kepulauan Riau dan merupakan Kawasan Ekonomi Eksklusif. Sejumlah panorama wisata menakjubkan ada di sana. Ikon kota Batam adalah Jembatan Barelang yang merupakan singkatan dari Batam, Rempang dan Galang.

4. Depok

Depok, Jawa Barat. (foto: sindonews)

Depok? Iya, Depok di Jawa Barat masuk dalam daftar kota paling mahal di Indonesia. Tentu saja, ini dipengaruhi oleh letaknya yang berdekatan dengan Jakarta. Menurut survei BPS, biaya hidup di Depok sekitar Rp6.300.000 per bulannya.

3. Ternate

Ternate, Provinsi Maluku Utara. (foto: transportationheritage.com)

Ternate adalah ibu kota Provinsi Maluku Utara. Biaya distribusi berbagai barang kebutuhan pokok di sini terbilang tinggi. Inilah yang membuat biaya hidup di Ternate hingga di kisaran Rp6.400.000 per bulan.

Ini patut dicicipi lho: Nikmati Pantai Ternate Bersama Air Guraka Nan Sedap

Sejumlah destinasi wisata menggiurkan ada di kota yang terletak di bawah kaki Gunung Gamalama ini. Batu Angus menjadi objek ikonik Kota Ternate. Selain itu ada pula Pantai Sulamadaha dan Benteng Oranye.

2. Jayapura

Pelabuhan Jayapura, Papua. (foto: hiveminer.com)

Kota besar yang berada di bagian paling timur di Indonesia ini cukup besar biaya hidupnya. Padahal dengan kelimpahan alam kekayaan yang cukup melimpah. Salah satu pokok masalah biaya hidup yang mahal di Papua disebabkan juga oleh faktor distribusi dan infastruktur kurang memadai.

Patut disimak: Keindahan Pantai Harlem dengan Nominasi Objek Wisata Bersih Jayapura

Itulah mengapa Pemerintahan Presiden Joko Widodo begitu getol membangun infrastruktur di Papua. Bahkan, kebijakan Tol Laut dan Tol Udara pun dilakukan demi menciptakan perbaikan harga di sana. Biaya hidup di Jayapura pada 2017 sebesar Rp6.900.000 per bulan. Wow!

1. Jakarta

Monumen Nasional (foto: jktgo.com)

Jakarta sudah pasti jadi kota paling mahal di Indonesia. Kota ini adalah jantungnya Indonesia. Selain sebagai Ibu Kota Negara, di sini pusat bisnis berada. Perputaran uang terbesar juga ada di kota pusat pemerintahan negara ini.

Tapi, Jakarta tak sekadar pemerintahan dan bisnis. Di sini sejumlah destinasi wisata bertebaran dan patut dikunjungi. Bahkan, traveler bisa berwisata selama 24 jam di kota ini. Enggak percaya?

Baca ini deh: Cuma Sehari di Jakarta? Berjalankakilah ke Tempat-Tempat Ikonik Ini

Badan Pusat Statistik menyimpulkan hasil survei biaya hidup di Jakarta sebesar Rp7.500.000 per bulan. Tak pelak, idiom “apa-apa mahal di Jakarta” pun menemukan pembenarannya. Ya, Jakarta kota yang mahal!

LEAVE A REPLY