Ini 5 Kuliner Populer Morotai yang Wajib Dicicipi

10 Bali Baru

0
209
Tarian Soya Soya di Pulau Morotai. (foto: youtube/wis hk)

Pulau Morotai tak sekadar ingin dikenal dengan pemandangan alam kepulauan dan lautnya yang eksotis. Sebagai destinasi wisata unggulan, kuliner populer Morotai pun patut dicicipi.

Travel Today Indonesia kali ini ingin mengajak traveler untuk mengetahui lima kuliner populer di Pulau Morotai yang disusun dari berbagai sumber:

Popeda

Popeda khas Morotai. (foto: batampos.co.id)

Rasanya kuliner yang satu ini telah akrab bagi banyak traveler. Namun, jika sebagian dari Anda belum mengetahuinya pun tak ada salahnya kok. Popeda adalah makanan khas Maluku yang berbahan dasar sagu. Namun ada pula yang membuatnya dengan bahan dasar singkong parut atau tepung tapioka.

Untuk menyantap popeda biasanya dibarengi dengan kuah ikan agar tak lengket. Kendati begitu, ada pula yang merasa nikmat jika menyantap popeda dengan pisang, kelapa, dan sambal kacang.

Nasi Jaha

Nasi jaha. (foto: batampos.co.id)

Ternyata tidak setiap hari orang Morotai makan sagu lho, traveler. Saat Idul Fitri dan Idul Adha, masyarakat membuat makanan dari beras, namanya nasi jaha.

Berbeda dengan nasi umumnya di Pulau Jawa, nasi jaha terbuat dari beras dan santan kelapa yang dimasukkan ke dalam bambu lalu dibakar.

Masyarakat Morotai juga terbiasa sarapan atau makan pagi dengan nasi jaha juga sambil menyeruput teh hangat.

Gohu Ikan

Gohu ikan. (foto: rakyatku.com)

Kuliner populer Morotai lainnya adalah gohu ikan yang memiliki perpaduan rasa asam, pedas, dan gurih. Seperti namanya, bahan dasar makanan yang satu ini dari ikan cakalang.

Setelah potongan ikan seukuran dadu dicuci bersih kemudian dilumuri garam dan perasan jeruk cui, semacam jeruk nipis berukuran kecil yang bagian dalamnya berwarna jingga. Campuran lainnya adalah daun balakama, atau kemangi, agar berbau harum.

Gohu ikan dilengkapi dengan saus yang berasal dari tumisan rajangan bawang merah dan cabai dengan sedikit minyak kelapa. Kemudian, rajangan bawang dan cabai di minyak sangat panas itu diguyur ke potongan ikan cakalang lalu diaduk beberapa saat.

Kue Waji

Kue waji. (foto: resepcaramasakan.com)

Kue berbahan dasar  beras dan gula merah ini khas Morotai. Biasanya, kue waji dapat ditemuai saat acara tahlilan, pesta pernikahan atau pesta-pesta lainnya. Beras dan gula yang dimasak bersamaan dicetak di nampan kemudian dipotong-potong.

Kue Halua Kacang

Kue halua kacang juga dijadikan sebagai bawaan untuk orang-orang yang datang saat acara perkawinan dan juga acara tahlilan. Kue ini terbuat dari kacang dan gula merah. Biasanya dicampur dengan singkong goreng yang dicincang untuk menghemat pemakaian kacang. (*)

LEAVE A REPLY