Ingin Saksikan Pertunjukan Perang Antarsuku? Datanglah ke Festival Lembah Baliem

0
377
Festival Lembah Baliem di Wamena, Papua. (foto: pesonaindo.com)

Jika ingin melihat dan mengenal langsung suku asli Papua datanglah ke Festival Lembah Baliem. Di sana akan ada ratusan suku yang datang dan membawa beragam keunikan budayanya.

Di festival tahunan ini, mereka akan mempertunjukkan bagaimana tradisi perang yang diturunkan nenek moyang. Pertunjukan peperangan antarsuku ini biasanya akan dibalut dengan tari-tarian dan dipadu dengan keindahan Lembah Baliem yang menambah keeksotisan dari festival ini.

Lembah Baliem sendiri adalah sebuah lembah yang berada di Pegunungan Jayawijaya, Papua. Festival Lembah Baliem tahun ini akan diadakan pada 8-11 Agustus mendatang.

“Silakan ke Papua, hanya di Festival Lembah Baliem anda bisa menikmati sensasi keindahan alam dan budaya Papua yang unik,” ujar Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya seperti yang diinformasikan Kementerian Pariwisata melalui facebook, Sabtu (5/8).

Tradisi adat yang sudah ada sejak 1989 ini telah dikenal hingga mancanegara, biasanya para travel fotografer tidak akan melewatkan festival ini. Indahnya pemandangan Lembah Baliem serta atraksi peperangan yang dilakukan oleh suku-suku asli Papua menjadi daya tarik yang membuat mereka selalu menantikan acara ini setiap tahunnya.

“Selain aksi peperangan dan pertunjukan tradisional lainnya, wisatawan pun bisa berinteraksi langsung dengan para penduduk asli Papua. Dan tenang saja, walau disebut perang, acara ini aman kok disaksikan oleh wisatawan,” jelas Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti.

Mulai aksi perang hingga karapan babi
foto: indonesiatravelmagazine.com

Esthy menjelaskan suku-suku asli Papua yang tersebar di beberapa lokasi akan berkumpul di lembah ini. Mulai dari Suku Dani, Suku Yali, hingga Suku Lani hadir di sana untuk memeriahkan acara tersebut. Festival Lembah Baliem merupakan acara perang antarsuku Papua yang dilakukan sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan. Para prajurit kebanggaan suku-suku tersebut akan adu kekuatan mereka.

Selain tari tradisional akan ada pertunjukan musik tradisional menggunakan Pikon. Selain itu ada pula karapan babi, aksi teatrikal, lomba panahan, dan lempar tombak. Kemudian ada permainan Sikoko dan Puradaan, peragaan memasak dengan cara tradisional, dan pameran kerajinan tangan asli masyarakat suku adat Papua. Jadi jangan lewatkan festival Lembah Baliem yang eksotis ini. (RA/yi)

Sumber: Infonawacita.com

LEAVE A REPLY