Ingin Saksikan Kegembiraan Hiu Paus? Cek 3 Destinasi Ini!

0
439
Foto: cdns.klimg.com

Wisata hiu paus memang saat ini mulai merebak. Aktivitas lucu hiu paus ini memang banyak diminati wisatawan dan menjadi magnet wisata. Kegembiraan hiu paus bisa disaksikan di titik perairan tertentu di Indonesia, yang menjadi destinasi wisata hiu paus.

Tentu saja, dengan berpatokan pada kelestarian habitat hiu paus yang mulai disepakati dalam panduan berinteraksi, wisata hiu paus mulai dikembangkan. Nah, Travel Today menghimpun 4 destinasi wisata hiu paus yang bisa Anda abadikan di perairan Indonesia:

1. Pantai Botubarani, Gorontalo

Foto: www.cumilebay.com

Pantai Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menjadi ramai karena kedatangan hiu paus dimulai sejak tiga tahun lalu seiring dengan beroperasinya pabrik udang di Botubarani yang membuang limbahnya ke laut dan menjadi penarik hiu paus. Limbah tersebut diketahui menyuburkan plankton yg menjadi salah satu makanan hiu paus. Menurut WWF Indonesia, kedatangan gerombolan hiu paus ke Botubarani adalah fenomena yang unik karena hiu paus di Gorontalo muncul secara berkala.

2. Teluk Cenderawasih, Taman Bermain Hiu Paus, Papua

Foto: lidibiru67.com

Terletak di Teluk Cendrawasih, dulu masyarakat sekitar adalah pemburu hiu paus. Kini setelah ditetapkan sebagai spesies dilindungi, masyarakat berubah menjadi sahabat. Penyelam menganggap dirinya beruntung untuk bertemu salah satu hiu paus atau beberapa, di sini mereka datang dalam jumlah yang besar dan penyelam bisa berenang bersama mereka.   Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah antara bulan Mei sampai Oktober.

3. Talisayan di Perairan Kalimantan

Foto: voinews.id

Berenang bersama hiu paus ini bisa dilakukan tepatnya di perairan Talisayan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Hiu paus, menurut warga mulai berdatangan ke perairan mereka sejak para nelayan membuang hasil tangkapan ikan kecil ke laut. Biasanya, hiu paus akan berkeliaran untuk makan dekat bagan pada pukul 05.00 – 08.00 WITA.

LEAVE A REPLY