Industri Pariwisata Pesat Melesat, Indonesia Kalahkan Thailand

0
166
Gairah industri pariswisata Indonesia yang pesat melesat.(foto: Antara/Budi Candra Setya)

Sejak Menteri Pariwisata dipimpin oleh Arief Yahya, industri pariwisata pesat melesat. Industri Pariwisata Indonesia menjadi ancaman serius bagi negara-negara pesaing di Asia Tenggara.

Selama ini Thailand  menjadi ‘musuh’ profesional bagi Menpar Arief Yahya. Indonesia selalu kalah pamor dibanding  negara-negara tersebut dalam menggaet wisatawan mancanegara datang ke Indonesia.

Namun berita terkini, menurut jpnn.com, tren kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), sepanjang semester pertama 2017 mengungguli Negeri Gajah Putih, Thailand. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), Selasa (1/8), wisman yang pelesiran ke Indonesia pada semester pertama mencapai 6,48 juta. Jumlah itu melesat 22,42 persen dibandingkan periode yang sama 2016 lalu yang berjumlah 5,20 juta.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand sebagaimana dilansir TTR Weekly, kunjungan wisman ke Negeri Gajah Putih pada empat bulan pertama 2017 mencapai 12,02 juta. Angka itu hanya naik 2,91 persen dibandingkan periode yang sama 2016 lalu.

Kunjungan turis asing dari beberapa negara ke Thailand juga anjlok cukup tajam. Penurunan terbesar terjadi dari wisman Tiongkok yang anjlok 7,5 persen.

Di samping itu, Kemenpar juga terus berupaya untuk menggapai prestasi di tingkat dunia. Tak main-main, Indonesia kembali mendapatkan pengakuan dunia.  Indonesia berhasil mengungguli Thailand dalam daftar Top 5 destinasi wisata favorit turis Prancis. Indonesia duduk di peringkat 2 dan hanya kalah dari Bahama.

Untuk Top-5, destinasi wisata yang diminati wisatawan mancanegara Perancis, memiliki presentase sebagai beriku;  Bahama (99%), Indonesia (79%), Afrika Selatan (69%), Peru (51%) dan Myanmar (49%).

Sebelumnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya juga telah membuktikan prestasi kinerjanya dengan meraih kejuaraan dalam Pameran Pariwisata terbesar dunia,  The Best Exhibitor 2017 di ITB Berlin. Lagi-lagi pamor Thailand terkalahkan oleh Indonesia.

Bagi Arief Yahya dalam www.goaceh.co, Ini merupakan prestasi yang membanggakan. ITB Berlin adalah pameran pariwisata terbesar dunia, diikuti 187 negara, 10.000 exhibitor, 180.000 pengunjung di Messe Berlin. Semua industri pariwisata, tour travel, airlines, cruise, hotel, resort, atraksi, pemerintah, asosiasi kumpul di ITB Berlin. Dan Wonderful Indonesia menunjukkan kelasnya di level dunia.

Meski demikian, Menpar tak ingin hanya puas sampai di situ. Beliau mentargetkan dapat menjuarai Best of The Best di tahun depan. Jawara lima benua.

LEAVE A REPLY