Indonesia Punya Masjid Terapung Lho! Kunjungi 7 Lokasinya!

0
182
Romansa senja di Masjid Amirul Mukminin, Masjid Terapung-nya Makassar. (Foto: media.fotokita.net)

Traveler, sungguh membanggakan, ternyata ada 7 Masjid terapung yang unik dan kokoh di Indonesia. Anda bisa berwisata Ramadan di tempat ini. Mengetahui sejarahnya, atau mempelajari keunikannya, bakal mewarnai makna Ramadan Anda.

Bukan berarti Masjid terapung ini mengambang di atas air lh, meskipun ada juga yang memang mengapung. Sebutan Masjid terapung karena merupakan masjid yang didirikan di atas laut dengan tiang-tiang penyangga yang kokoh, sehingga Anda bisa menikmati ibadah Anda dalam suasana berbeda.

Nah, Travel Today menghimpun 7 Masjid Terapung yang ada di Indonesia. Keren lho!

1. Masjid An-Nur, Flores

Anak-anak asyik bermain di sekitar Masjid.(Foto: travel.idntimes.com)

Wow, di Perkampungan Wuring yang dihuni Suku Bajo, yang menggantungkan diri sepenuhnya di laut ini, berdiri sebuah masjid yang unik yakni Masjid Terapung di laut An-Nur Wuring Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Kabupaten Sikka Flores NTT. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara datang karena keunikan ini lho. awalnya dibuat karena memenuhi kebutuhan para lansia karena masjid lainnya jauh dari desa nelayan ini.

2. Masjid Arkam Babu Rahman, Palu

Beribadah dalam kepasrahan dikuatkan oleh keindahan alam ciptaan, betapa khusyuknya.                                    (Foto: vivatranews2.blogspot.co.id)

Keunikan sekaligus keindahan Masjid Arkam Babu Rahman adalah kubahnya dapat bercahaya 7 warna saat malam hari. Merah, jingga, hijau, unggu, biru, merah muda dan putih, wih! Warnanya berganti-ganti dalam hitungan detik. Pilar-pilar masjidnya tertancap 10 meter ke dalam laut, maka oleh sebab itulah masjid ini disebut masjid terapung.

3. Masjid Amirul Mukminin, Makasar

Masjid Amirul Mukminin, Masjid Terapung-nya Makassar. (Foto: media.fotokita.net)

Masjid Amirul Mukminin ini lebih populer dengan nama Masjid Terapung, kebanggaan Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid megah ini memang nampak terapung di atas Pantai Losari yang menakjubkan itu. Konon, ini adalah Masjid terapung pertama di Indonesia lho!

4. Masjid Terapung Al-Aminah, Lampung

Bayangkan rasa suara kumandang azan di tengah lautan luas. Luar biasa. (Foto: piknikasik.com)

Masjid terapung Al Aminah, berlokasi di Pantai Sari Ringgung, yang berada di Desa Sidodadi, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pasarawan, Lampung. Masjid ini mengapung ditopang oleh beberapa pelampung dan dijangkar supaya tidak hanyut. angat bersahaja.

5. Masjid Terapung Amahami, Bima, NTB

Masjid Amahami yang kokoh dengan pemandangan cantiknya. (Foto: media.travelingyuk.com)

Masjid Terapung Amahami di Kota Bima ini, untuk pertama kalinya resmi digunakan umat Islam untuk melaksanakan shalat Jumat pada Jumat (19/1/2018). Cantik bukan?

6. Masjid Al-Munawaroh, Ternate

Indahnya Masjid Al-Munawaroh. (Foto: muslimobsession.com)

Masjid megah ini letaknya di Ternate, provinsi Maluku Utara. Masjid ini amat menawan dipandang dari laut, dengan dua menaranya yang memang dibangun di laut. Bahan bangunan seperti keramik, lampu, dan sebagainya, kabarnya didatangkan langsung dari Turki lho.

7. Masjid Terapung Baiturrozaq, Surabaya

Suasana lingkungan Masjid Baiturrozaq mendukung untuk khusyuk. (Foto: Budiono Sukses/YouTube)

Masjid ini berdiri dengan megahnya di tengah danau luas. Lokasinya di Kompleks Perindustrian Rungkut Industri Sier Surabaya. Berada di tengah danau, suasana alami melingkupi Masjid. Alasan rata-rata para jamaah beribadah di Masjid Baiturrozaq selama Ramadan, karena ingin khusyuk. Lokasi masjid yang jauh dari kebisingan lalu lintas membuat suasana nyaman dan tenang. Terlebih terasa natural karena masjid berada di tengah danau.

LEAVE A REPLY