Horas! Samosir Siap Gelar Sigale-Gale Carnival 2018!

0
742
Foto: Pinterest

Traveler, siapkan waktu Anda di 20 Juni 2018 mendatang di Samosir. Sigale-gale Carnival 2018 yang akan membuat Anda termangu-mangu dengan keunikan budaya bagian dari Indonesia ini, akan digelar.

Guna lebih memperkenalkan Sigale-gale di mata wisatawan dan agar tidak tergilas zaman, Pemkab Samosir melalui Dinas Pariwisata Samosir menggelar Sigale-gale Carnival 2018 ini.

The Legend of Manggale

Event ini sangat menarik lho! Mengangkat kisah the Legend of Manggale, Sigale-gale Carnival akan dipertunjukkan dengan konsep drama kolosal yg kaya akan tradisi dan Budaya Batak Toba, sangat sayang untuk dilewatkan.

Sigale-gale, dalam eljohnnews.com, adalah boneka kayu yang bisa menari. Jangan heran dulu, Sigale-gale tentu tidak digerakkan roh halus, melainkan digerakkan dengan menggunakan sistem penggerak berupa tali, sehingga Sigale-gale bisa menari.

Foto: Kementerian Pariwisata/Facebook

Tarian Sigale-gale ini umumnya diiringi gondang Sabangunan dan akan ditemani beberapa orang penari yang akan menari tortor.

Pertunjukan ini masih terus dimainkan dari zaman dahulu hingga sekarang. Upaya melestarikan budaya inilah yang patut mendapat apresiasi.

Event ini akan mempertunjukkan fashion show busana patung Sigale-gale dan pakaian budaya batak. Yang paling uniknya lagi, Samosir Sigale-gale Carnival 2018 nantinya akan menggunakan mobil hias bernuansa batak yang akan berjalan disepanjang jalan protokol Pangururan. Wah!

Calendar of Event Horas Samosir Fiesta 2018

Seperti diketahui, Sigale-Gale Carnival 2018 ini masuk dalam Calendar of Event Horas Samosir Fiesta 2018 telah resmi diluncurkan beberapa waktu lalu.

Sebanyak 12 event disiapkan untuk menarik wisatawan. Sebelumnya sudah berlangsung Festival Pasir Putih tanggal 31 Maret, dan Festival Gondang Naposo tanggal 27 hingga 28 April. Nah, Sigale-gale Carnival ini adalah yang berikutnya.

Horas Samosir Fiesta 2018 terdiri dari festival musik, budaya, dan sport tourism. Event-event ini dipastikan berlangsung seru. Terlebih, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, berada di tengah-tengah Danau Toba.

Nah, bagi Traveler yang menunggu-nunggu berbagai event di Sumatera Utara ini, catat saja tanggalnya!

1. Festival Pasir Putih tanggal 31 Maret
2. Festival Gondang Naposo 27 hingga 28 April
3. Samosir Art and Culture 18 hingga 20 Juni
4. Sigale-Gale Carnival 20 Juni 2018
5. Samosir Eco Sport Tourism 1 hingga 7 Juli
6. Horja Bius Mangalahat Horbo 6 hingga 7 Juli
7. Samosir Music International 25 Agustus
8. GFNY Championship Asia 2 September
9. Samosir Lake Toba Ultra Marathon 21 hingga 22 September
10. Samosir Jazz Season 27 Oktober
11. Festival Sipinggan 28 Desember
12. Samosir Christmas Season 29 hingga 30 Desember

LEAVE A REPLY